TY - THES ID - UNY34727 M1 - skripsi AV - public TI - PENGARUH KUALIFIKASI AKADEMIK DAN MOTIVASI KERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN AKADEMIK DI YAYASAN AL-I?ANAH PLAYEN UR - http://eprints.uny.ac.id/34727/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kualifikasi akademik pendidik dan tenaga kependidikan terhadap kualitas layanan akademik; (2) Pengaruh motivasi kerja pendidik dan tenaga kependidikan terhadap kualitas layanan akademik; (3) Pengaruh kualifikasi akademik dan motivasi kerja pendidik dan tenaga kependidikan terhadap kualitas layanan akademik di Yayasan AlI?anah Playen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian studi korelasional. Populasi penelitian terdiri dari 41 pendidik dan 11 tenaga kependidikan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup model rating scale untuk semua variabel. Uji validitas instrumen penelitian dilakukan dengan menguji validitas isi dan butir yang dihitung dengan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda dua prediktor pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kualifikasi akademik pendidik dan tenaga kependidikan terhadap kualitas layanan akademik dengan sumbangan efektif sebesar 18,0% (pendidik) dan 39,1% (tenaga kependidikan); (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja pendidik dan tenaga kependidikan terhadap kualitas layanan akademik dengan sumbangan efektif sebesar 57,6% (pendidik) dan 51,8% (tenaga kependidikan); serta (3) kualifikasi akademik dan motivasi kerja pendidik dan tenaga kependidikan berpengaruh signifikan terhadap kualitas layanan akademik yayasan dengan sumbangan efektif sebesar 75,5% (pendidik) dan 90,8% (tenaga kependidikan), sedangkan sisanya sebesar 24,5% (pendidik) dan 9,2% (tenaga kependidikan) ditentukan oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian Y1 - 2016/07/13/ A1 - Fina, Durriyatun Bahiyyah PB - Universitas Negeri Yogyakarta ER -