%T PENGARUH PEMBINAAN PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK DALAM PENYELENGGARAAN KELAS KHUSUS OLAHRAGA DI SMA NEGERI 2 NGAGLIK %I Universitas Negeri Yogyakarta %D 2016 %L UNY34688 %A Nugroho Wahyu %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan pengaruh pembinaan peserta didik terhadap prestasi akademik peserta didik antara kelas reguler dengan kelas khusus olahraga angkatan 2014 Tahun Pelajaran 2014/2015 di SMAN 2 Ngaglik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Ngaglik Kabupaten Sleman. Populasi penelitian terdiri dari 651 peserta didik terbagi dalam 18 kelas baik kelas reguler maupun kelas khusus olahraga dengan sampel 2 kelas yaitu 1 kelas reguler (X-IIS 1) dan 1 kelas khusus olahraga (X-IIS 3) yang mempunyai daya tampung 31 peserta didik kelas reguler dan 30 peserta didik kelas khusus olahraga. Teknik sampling menggunakan purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Uji t (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: Terdapat perbedaan pengaruh pembinaan peserta didik terhadap prestasi akademik peserta didik antara kelas reguler dengan kelas khusus olahraga. Hasil pengolahan dengan menggunakan SPSS versi 17 menunjukkan bahwa nilai signifikansi pada output “Independent Samples Test” sebesar 0,000<α(0,05). Rata-rata nilai raport adalah 3,248 untuk kelas reguler dan 3,167 untuk kelas khusus olahraga.