%0 Thesis %9 S1 %A Abdul, Majid %B Fakultas Teknik %D 2016 %F UNY:34666 %I UNY %T PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA DIKLAT LAS OKSI-ASETILEN DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA SMK N 1 SEDAYU BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/34666/ %X PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA DIKLAT LAS OKSI-ASETILEN DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA SMK N 1 SEDAYU BANTUL Penelitian ini bertujuan: (1) merancang dan membuat media pembelajaran dengan software Macromedia Flash pada mata diklat Las Oksi-Asetilen; (2) menghasilkan produk software pembelajaran Macromedia Flash untuk mata diklat Las Oksi-Asetilen di SMK N 1 Sesdayu dalam bentuk CD yang layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: (1) menetapkan mata pelajaran, (2) melakukan penelitian pendahuluan, (3) pembuatan desain software, (4) pengumpulan bahan, (5) pengembangan produk awal, (6) validasi ahli, (7) analisis dan revisi produk awal, (8) uji kelompok kecil, (9) analisis dan revisi pada pengujian kelompok kecil, (10) uji kelompok besar, (11) analisis revisi pada pengujian penerapan terbatas, (12) produk akhir media. Software pembelajaran Las Oksi-Asetilen dikemas dalam format compact disk. Validasi ahli dilakukan kepada dosen ahli materi, ahli media dan guru SMK untuk mendapatkan masukan saran mengenai kelayakan media dari segi materi dan media. Pengujian kelayakan dilakukan dengan metode kuesioner kepada siswa SMK. Adapun pengujiannya meliputi kelompok kecil dengan 10 siswa kelas X TPA SMK N 1 Sedayu dan kelompok besar dengan 22 siswa kelas X TPA SMK N I Sedayu. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pengembangan media pembelajaran Las Oksi-Asetilen dilakukan melalui tahap pengembangan materi dan tahap pengembangan software, (2) desain materi yang dikembangkan yaitu: mengidentifikasi peralatan las oksi-asetilen, memasang peralatan las oksi-asetilen, melakukan pengelasan dengan proses las oksi-asetilen dengan menggunakan bahan baja karbon (3) desain media pembelajaran yang dikembangkan antara lain: halaman intro, halaman menu utama, halaman materi, halaman profil pengembang, halaman penutup, dan (4) kualitas media pembelajaran Las Oksi-asetilen dengan software macromedia flash yang dikembangkan dibagi menjadi 3 unsur yaitu: unsur materi, unsur media, dan unsur pengalaman siswa menerima materi menggunakan media. Hasil penilaian ahli materi mendapat rerata skor adalah 4,2. Hasil penilaian ahli media mendapat rerata skor sebesar 3,2. Evaluasi siswa pada preetes mendapatkan rerata 68,6 sedangkan pada posttest mendapatkan rerata 80,7 hal ini mengalami peningkatan. Kata kunci : Media Pembelajaran, Macromedia Flash, dan Las Oksi-Setilen vii