%L UNY34652 %I PGSD %A Nur Khalida Prettiana %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sedayu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 1 Sedayu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2015 hingga bulan April 2016 di SD N 1 Sedayu. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan. Data hasil penelitian diperoleh dari angket dan observasi. Analisis data dilakukan secara dekskriptif maupun kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan minat belajar siswa Ketika diberi tindakan pada siklus I, siswa sudah mulai berani menjawab pertanyaan yang guru berikan. Siswa sudah mulai memperhatikan ketika guru menerangkan materi. Pada siklus II banyak siswa yang maju tanpa harus ditunjuk oleh guru. Siswa sudah memperhatikan ketika guru menjelaskan materi dan siswa sudah aktif daalam kegiatan belajar kelompok. Peningkatan minat belajar siswa kelas kelas V dari pra siklus menunjukan angka 1,22 dengan kategori minat belajar rendah, pada siklus I menunjukan angka 2,11 dengan kategori minat belajar tinggi, dan angka 2,97 dengan kategori minat belajar tinggi pada siklus II. Kata kunci: minat belajar IPA, model pembelajaran kooperatif tipe STAD %T PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA SISWA KELAS V SD N 1 SEDAYU BANTUL %D 2016