TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/34625/ TI - iii HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR GAMBAR TEKNIK DI SMK PIRI SLEMAN AV - public ID - UNY34625 M1 - skripsi A1 - Arif, Budianto PB - UNY N2 - Arif Budianto 10503241038 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui hubungan gaya belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran gambar teknik di SMK PIRI 1 Sleman. (1). Mengetahui hubungan gaya belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran gambar teknik di SMK PIRI 1 Sleman. (2). Mengetahui hubungan antara keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran gambar teknik di SMK PIRI Sleman. (3). Mengetahui hubungan antara gaya belajar dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik di SMK PIRI Sleman Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto. Variabel dalam penelitian ini adalah Gaya Belajar ! dan Keaktifan Belajar ! sebagai variabel bebas serta Prestasi Belajar Gambar Teknik (Y) sebagai variabel terikatnya. Populasi penelitian ini adalah ! seluruh siswa kelas XI Teknik Pemesinan di SMK PIRI Sleman sebanyak 15 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah (1) Gaya Belajar memiliki hubungan positif terhadap Prestasi Belajar Gambar Teknik yang ditunjukkan dengan nilai = 0,707 dan nilai lebih besar dari ! " ! ! ! " ! sebesar 3,604 > 1,7709, koefisien determinasi = 0,50 yang artinya sebesar 50% variabel ini mempengaruhi Prestasi Belajar Gambar Teknik, (2) Keaktifan Belajar memiliki hubungan positif terhadap Prestasi Belajar Gambar Teknik yang ditunjukkan dengan nilai = 0,722 dan nilai ! " ! lebih besar dari sebesar 3,764 > 1,7709, koefisien determinasi = 0,512 yang artinya sebesar 51,2% variabel ini ! " ! ! mempengaruhi Prestasi Belajar Gambar Teknik, (3) Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar secara bersama-sama memiliki hubungan positif terhadap Prestasi belajar pada mata pelajaran Gambar Teknik yang ditunjukkan dengan nilai = 0,827, dan nilai lebih besar dari ! ! " ! ! " ! sebesar 12,991 > 3,88, koefisien determinasi = 0,631 yang artinya sebesar 63,1% kedua variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Kata kunci: Gaya, Keaktifan, Prestasi Y1 - 2016/// ER -