eprintid: 34608 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/46/08 datestamp: 2016-06-14 07:55:20 lastmod: 2019-10-01 11:54:12 status_changed: 2016-06-14 07:55:20 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Yuwono Bimo Purnomo, Yuwono Bimo Purnomo title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: Di SMK N 2 PENGASIH ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report abstract: Pembekalan pengajaran mikro sebagai salah satu bentuk orientasi pengajaran mikro, dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa tentang pengetahuan dasar yang diperlukan pada praktek pengajaran mikro dan praktek pembelajaran di sekolah. Secara umum pengajaran mikro bertujuan membentuk dan mengembangkan kompetensi dasar mengajar sebagai bekal praktek mengajar (Real teaching) disekolah dalam program PPL. Praktik mengajar terbimbing adalah praktik mengajar dimana praktikan masih mendapat arahan pada pembuatan perangkat pembelajaran yang meliputi program satuan pelajaran, rencana pembelajaran, media pembelajaran, alokasi waktu dan pendampingan pada saat mengajar di dalam kelas. Dalam praktek terbimbing ini semua praktikan mendapat bimbingan dari guru mata diklatnya masing-masing. Silabus menguraikan tentang materi pelajaran yang tercakup dalam pokok bahasan dan sub pokok bahasan, untuk mengetahui kedalaman dan keluasan uraian materi. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dibuat dengan tujuan sebagai acuan atau pedoman dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas dalam satu atau beberapa kali tatap muka. Sesuai dengan tugas yang diberikan oleh pihak SMK N 1 Pengasih, praktikan mendapat tugas mengajar mata pelajaran Instalasi Motor Listrik (IML) untuk kelas XI TE 1 dan XI TE 2. Untuk hal ini praktikan melaksanakan KBM dalam bentuk tatap muka di depan kelas Teori dan Praktik. Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat merasakan pengalaman sebagai seorang guru muda. Harapan ke depan, dengan terus bekerjsama baik dari dua pihak instansi, serta terus memperbaiki kekurangan pelaksanakan PPL, pelaksanakan PPL kedepan akan terus berjalan baik dan terus melihat kompetensi yang harus dicapai dengan pengawasan dilapangan yang lebih baik. date: 2015 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Yuwono Bimo Purnomo, Yuwono Bimo Purnomo (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: Di SMK N 2 PENGASIH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/34608/1/Yuwono%20Bimo%20Purnomo_12501244007_FT_Pendidikan%20Teknik%20Elektro.pdf