@phdthesis{UNY34601, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2016}, month = {May}, author = {Joko Prayitno}, title = {PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELASX TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA}, url = {http://eprints.uny.ac.id/34601/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen kelas X Taman Madya Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Dalam penelitian ini, pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen pada kelas X Taman Madya Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta ditinjau dari segi proses pelaksanaan pembelajaran, metode, media, materi, dan evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas X Taman Madya Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta, sedangkan objek penelitian ini adalah pembelajaran menulis cerpen kelas X Taman Madya Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta yang mencakup proses pelaksanaan pembelajaran, metode, media, materi, dan evaluasi pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Keabsahan data diuji dengan ketekunan pengamatan, perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tahap memperbandingkan data-data, mengkategorisasi, menyajikan data, dan inferensi berdasarkan teori yang digunakan. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksaanaan pembelajaran menulis cerpen KD 16.2 kelas X Taman Madya Ibu Pawiyatan Tamansiswa sudah berjalan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), meski pelaksaanaan pembelajaran pada pertemuan kedua tidak tercantum RPP. Metode pembelajaran yang digunakan guru adalah metode ceramah, diskusi, penugasan, dan tanya jawab. Materi yang digunakan guru sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi. Guru menggunakan media pembelajaran berupa papan tulis, buku paket, LKS, dan contoh cerpen. Materi yang digunakan guru sesuai dengan tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi. Materi yang diberikan, yaitu pengertian cerpen, unsur intrinsik cerpen, ejaan, dan pilihan kata. Evaluasi yang digunakan guru, yaitu teknik penugasan dan penilaian hasil. Penilaian dilakukan dengan memerhatikan komponen sastra dan kebahasaan. Komponen sastra terdiri atas aspek tema, tokoh, alur, latar, sudut pandang, dan gaya bahasa. Komponen kebahasaan terdiri atas ejaan, pilihan kata, dan kesesuaian isi dengan judul. Nilai yang didapat oleh siswa semuanya mencapai ketuntasan minimal. Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 60, rata-rata nilai yang didapat oleh siswa adalah 69.} }