%0 Thesis %9 S1 %A Maya Adityawini %B uny %D 2011 %F UNY:346 %I uny %T KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) MATA PELAJARAN IPS EKONOMI DALAM MENINGKATKAN PENYERAPAN PEMAHAMAN (COGNITIVE ABSORPTION) PADA SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/346/ %X Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis dan menguji apakah dengan penggunaan Buku Sekolah Elektronik (BSE) mata pelajaran IPS Ekonomi efektif digunakan dalam proses pembelajaran, yang secara langsung akan meningkatkan penyerapan pemahaman (Cognitive Absorption) siswa serta mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan Buku Sekolah Elektronik (BSE) mata pelajaran IPS Ekonomi terhadap prestasi siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen, sebagai populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Yogyakarta, pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik Simple Random Sampling yang menghasilkan kelas VII E sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B sebagai kelompok kontrol, untuk mengetahui validitas dan reliabilitas suatu instrumen menggunakan Korelasi Product Moment dari Pearson dan Alpha Cronbach, teknik pengumpulan data menggunakan Independent- Sample T-Test dan Paired T-Test, serta dalam penelitian ini alat pengumpulan data adalah tes dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Buku Sekolah Elektronik (BSE) mata pelajaran IPS efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan uji –t yaitu sebesar – 21,109 dengan nilai signifikansi sebesar 0,005. Selain itu dapat dilihat dari nilai rerata kelompok eksperimen untuk nilai pre-test sebesar 11,97, sedangkan rerata nilai post-test sebesar 21,03. 2) Penggunaan Buku Sekolah Elektronik (BSE) mata pelajaran IPS sebagai sumber belajar efektif dapat meningkatkan penyerapan pemahaman (Cognitive Absorption) siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t yaitu sebesar 3,998 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Selain itu dapat dilihat dari rerata penyerapan pemahaman (Cognitive Absorption) awal sebesar 60,05, sedangkan rerata penyerapan pemahaman (Cognitive Absorption) akhir sebesar 65,82. 3) Prestasi belajar siswa yang menggunakan Buku Sekolah Elektronik (BSE) sebagai sumber belajar lebih baik dari siswa yang hanya menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa). Hal ini terlihat dari hasil uji-t sebesar 4,421 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Selain itu dapat dilihat dari nilai rerata kelompok eksperimen untuk nilai pre-test sebesar 12,11, sedangkan rerata nilai post-test sebesar 20,19