%0 Thesis %9 S1 %A Indra, Mardi Yanto %B Fakultas Teknik %D 2016 %F UNY:34598 %I UNY %T Penerapan Penilaian Autentik Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Pada Kurikulum 2013 di SMK N 2 Pengasih %U http://eprints.uny.ac.id/34598/ %X Penerapan Penilaian Autentik Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Pada Kurikulum 2013 di SMK N 2 Pengasih Disusun oleh : Indra Mardi Yanto 08504244013 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan penilaian autentik pada mata pelajaran Gambar Teknik yang dilakukan oleh guru mata pelajaran tersebut di SMK N 2 Pengasih dan membandingkan dengan proses penilaian autentik yang ada pada kurikulum 2013. Proses penelitian dilakukan dengan beberapa tahap yaitu observasi, wawancara, dan pengisian angket oleh beberapa guru yang mengajar mata pelajaran Gambar Teknik. Angket yang diajukan kepada guru telah divalidasi oleh Dosen Ahli dan berisi pertanyaan-pertanyaan tentang pelaksanaan penilaian yang meliputi: (1) Persiapan penilaian, (2) Waktu dan cara penilaian, (3) Aspek penilaian, dan (4) Tindak lanjut penilaian. Teknis analisis data dilakukan dengan cara menghitung persentase dari data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan proses pelaksanaan penilaian autentik pada mata pelajaran Gambar Teknik yang dilakukan oleh guru sudah sangat efektif dan sesuai dengan penilaian yang ada pada Kurikulum 2013. Berdasarkan penelitian diperoleh data (1) Persiapan penilaian sebesar 93,33% termasuk dalam kategori sangat baik, (2) Waktu dan cara penilaian sebesar 82,5% termasuk dalam kategori baik, (3) Aspek penilaian sebesar 89% termasuk dalam kategori sangat baik, (4) Tindak lanjut penilaian sebesar 100% termasuk dalam kategori sangat baik. Dari data keseluruhan diperoleh nilai rata-rata sebesar 91,30% sehingga proses pelaksanaan penilaian yang dilakukan oleh guru termasuk dalam kategori sangat baik.