TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/34592/ AV - public TI - PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF COMPUTER BASED INSTRUCTION (CBI) MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA MATERI AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG DI SMK KOPERASI YOGYAKARTA KW - Multimedia Pembelajaran KW - Computer Based Instruction (CBI) KW - Adobe Flash KW - ADDIE M1 - skripsi ID - UNY34592 PB - Fakultas Ekonomi UNY A1 - DYAH VITALOKA, PUTRI AYU Y1 - 2016/// N2 - Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif Computer Based Instruction (CBI) dengan aplikasi Adobe Flash pada materi akuntansi perusahaan dagang untuk siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Koperasi Yogyakarta dan mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif Computer Based Instruction (CBI) berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran akuntansi (guru), dan siswa. Penelitian ini merupakan pengembangan (Research and Development) yang di adaptasi dari model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), namun hanya dilaksanakan hingga tahap Implementation. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran akuntansi (guru), dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini menggunakan angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan multimedia pembelajaran Computer Based Instruction (CBI) berdasarkan penilaian dari: 1) Ahli materi diperoleh rata-rata skor 4,075 yang termasuk kategori Layak; 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 3,635 yang termasuk kategori Layak; 3) Praktisi Pembelajaran Akuntansi (Guru) diperoleh rata-rata skor 4,045 yang termasuk kategori Layak; dan 4) Siswa diperoleh rata-rata skor 4,45 yang termasuk kategori Sangat Layak. Dengan demikian multimedia pembelajaran interaktif Computer Based Instruction (CBI) yang dikembangankan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran akuntansi perusahaan dagang. ER -