TY - RPRT PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta KW - PPL KW - SMP N 3 Sentolo KW - Bahasa Jawa N2 - Universitas Negeri Yogyakarta lebih dikenal dengan universitas pencetak tenaga kependidikan di Yogyakarta. Untuk menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai tenaga professional, UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa tentang proses belajar mengajar melalui salah satu mata kuliah wajib tempuh yaitu PPL. Lokasi praktek melaksanakan PPL adalah di SMP Negeri 3 Sentolo yang beralamatkan di Kaliagung, Sentolo, KulonProgo. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Dalam praktek mengajar mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan persiapan pembelajaran, yaitu observasi, membuat perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi yang dilaksanakan. Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah tersebut. Dalam bimbingan PPL, mahasiswa (penulis) mengajar Bahasa Jawa di kelas VIIID, VIIIE, VIIIF, dengan masing-masing pertemuannya sebanyak 2x40 menit. Kurikulum yang digunakan adalah KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dan penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya (RPP) sesuai dengan format KTSP. Penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan adalah dengan diskusi, ceramah, presentasi, penugasan, latihan soal, ulangan harian dan kerja kelompok. Sedangkan media yang digunakan adalah latihan soal, papan tulis, spidol, lembar kerja, untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyerap materi pelajaran. Dalam pelaksanaannya, banyak hambatan terjadi namun dapat diatasi dengan baik. Guru pembimbing dan siswa banyak memberikan masukan langsung maupun tidak yang efektif. Diharapkan setelah PPL, pembelajaran dapat lebih baik lagi. TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS - 12 SEPTEMBER 2015 SMP NEGERI 3 SENTOLO M1 - project_report AV - public A1 - Nurwahidiyanah, Nurwahidiyanah ID - UNY34579 Y1 - 2015/// UR - http://eprints.uny.ac.id/34579/ ER -