?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F34562%2F&rft.title=LAPORAN+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)%0D%0ASD+NEGERI+3+PENGASIH%0D%0AJalan+Pracoyo+No.+1+Pengasih+Kulon+Progo&rft.creator=Amin+Nurjayadi%2C+Amin+Nurjayadi&rft.subject=LPPMP&rft.description=Praktik+Pengalaman+Lapangan+adalah+salah+satu+mata+kuliah+wajib+lulus+bagi+mahasiswa+Strata+1+program+studi+kependidikan+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+ini+merupakan+wadah+untuk+mengaplikasikan+ilmu+yang+telah+dipelajari+di+bangku+kuliah+sebagai+seorang+pendidik.+PPL+menghadapkan+pada+interaksi+langsung+dengan+siswa%2C+guru%2C+dan+juga+kultur+sekolah.+Kegiatan+PPL+dilaksanakan+selama+satu+bulan+terhitung+dari+tanggal+10+Agustus+2015+hingga+12+September+2015.+Kegiatan+PPL+berlokasi+di+SD+N+3+Pengasih.+Sebelum+melakukan+kegiatan+belajar+mengajar%2C+kegiatan+PPL+diawali+dengan+kegiatan+observasi.+Kegiatan+PPL+tahun+ini+meliputi%3A+observasi%2C+pembuatan+perangkat+pembelajaran%2C+kegiatan+belajar+mengajar%2C+hingga+evaluasi+pembelajaran.+Seluruh+kegiatan+tersebut+dikoordinasi+dan+dikonsultasikan+dengan+guru+pembimbing+di+sekolah+serta+Dosen+Pembimbing+Lapangan+(DPL).%0D%0ADalam+pelaksanaan+PPL+ini%2C+penulis+berkesempatan+untuk+melakukan+kegiatan+belajar+mengajar+di+kelas+I%2C+III%2C+VI%2C+II%2C+IV.+kurikulum+yang+digunakan+di+sekolah+ini+adalah+Kurikulum+Tingkat+Satuan+Pendidikan+(KTSP)%2C+sehingga+penyusunan+Rencana+Pelaksanaan+Pembelajaran+(RPP)+disesuaikan+dengan+Standar+Kompetensi+dan+Kompetensi+Dasar+pada+KTSP.+Metode+pembelajaran+yang+digunakan+adalah+demonstrasi%2C+praktik%2C+komando%2C+diskusi.+Sedangkan+media+pembelajaran+yang+digunakan+adalah+contoh+orang+sesungguhnya.+Peralatan+yang+digunakan+antara+lain+bola%2C+kun%2C+simpai+dan+peralatan+olahraga+lainnya.+Dalam+ketentuan+PPL+mahasiswa+praktikan+diwajibkan+mengajar+minimal+4+kali+tatap+muka%2C+namun+pada+pelaksanaannya+mahasiswa+praktikan+tampil+sebanyak+5+kali+tatap+muka%2C+dengan+alokasi+waktu+setiap+pertemuan+adalah+4+x+35+menit.%0D%0AHasil+yang+diperoleh+dari+kegiatan+PPL+yaitu+penulis+mendapatkan+pengalaman+nyata+berkaitan+dengan+perencanaan%2C+penyusunan+perangkat+pembelajaran%2C+proses+pembelajaran+dan+pengelolaan+kelas%2C+serta+evaluasi+pembelajaran.+Selain+itu+penulis+juga+mendapatkan+ilmu+tentang+bagaimana+cara+berinteraksi+dan+berkomunikasi+dengan+baik+dengan+siswa%2C+guru%2C+dan+warga+sekolah+lainnya.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2015&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F34562%2F1%2FLAPORAN%2520PRAKTIK%2520PENGALAMAN%2520LAPANGAN.pdf&rft.identifier=++Amin+Nurjayadi%2C+Amin+Nurjayadi++(2015)+LAPORAN+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)+SD+NEGERI+3+PENGASIH+Jalan+Pracoyo+No.+1+Pengasih+Kulon+Progo.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++