relation: http://eprints.uny.ac.id/34540/ title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 PENGASIH creator: Raka Swandhita Hutomo, Raka Swandhita Hutomo subject: LPPMP description: Universitas Negeri Yogyakarta memiliki sebuah program yang ditujukan bagi mahasiswa yang mengambil jurusan kependidikan yaitu program praktik pengalaman Lapangan (PPL). Salah satu misi yang dimiliki UNY yaitu menyiapkan tenaga kependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai tenaga profesional. Untuk menyiapkan tenaga kependidikan tersebut UNY memmberikan pengetahuan dan keterampilan menjadi tenaga pendidik. Program PPL merupakan program yang harus ditempuh oleh mahasiswa karena menjadi salah satu syarat untuk menempuh gelar sarjana kependidikan selain tugas akhir. Program ini dilaksanakan oleh mahasiswa dengan diawali dengan observasi ke lapangan, sehingga mengetahui kondisi yang ada di sekolah khususnya di SMK N 1 Pengasih, Kulon Progo. Setelah mengetahui keadaan sekolah berdasarkan data yang telah terkumpul, disusunlah program kerja yang dapat menjadi pedoman dalam melaksanakan PPL berdasarkan skala prioritas, kebutuhan, dan waktu. Praktik mengajar dilakukan untuk melatih ketrampilan dan kemampuan mahasiswa dalam mengajar, berdasarkan bekal dan persiapan yang telah dilakukan. Pelaksanaan program PPL berlangsung berdasarkan rencana yang telah dibuat dan menerapkan ilmu berdasarkan pembelajaran mikro. Pada kegiatan PPL, mahasiswa menerapkan langkah-langkah dalam mengajar dan berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 s.d 12 September 2015. Mahasiswa praktik mengajar 3 kelas yaitu kelas X Pemasaran 1 (Senin jam ke 7-9) mata pelajaran perencanaan pemasaran, X Pemasaran 2 (Selasa jam ke 7-9) mata pelajaran perencanaan pemasaran dan X Pemasaran 2 (Sabtu jam ke 4-6) mata pelajaran pengelolaan usaha pemasaran. Jadwal mengajar dilakukan sesuai dengan arahan pembimbing. Materi pokok yang diajarkan untuk Mata pelajaran perencanaan pemasaran adalah konsep inti pemasaran, konsep inti penjualan, kondisi dan kemampuan penjual, kondisi pasar, modal, kondisi organisasi perusahaan, tujuan penjualan, volume penjualan, bagian penjualan. Untuk mata pelajaran pengelolaan usaha pemasaran adalah definisi pengelolaan usaha pemasaran, ruang lingkup pengelolaan usaha, tujuan pengelolaan usaha pemasaran. Walaupun hanya satu bulan, mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum diperoleh di bangku perkuliahan, terutama dalam mengajar di kelas dan merasakan menjadi seorang guru. Dalam pelaksanaannya mahasiswa juga tak lepas dari hambatan-hambatan, tetapi dengan adanya motivasi dari guru pembimbing, guru lain, dosen pembimbing lapangan, teman-teman satu tim dan kerja sama yang baik maka secara umum PPL berjalan dengan lancar, hambatan-hambatan teratasi dan baik sesuai rencana. publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta date: 2015 type: Monograph type: PeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/34540/1/RAKA%20SWANDHITA%20HUTOMO_12804244015_PEND.%20EKONOMI.pdf identifier: Raka Swandhita Hutomo, Raka Swandhita Hutomo (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 PENGASIH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.