?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F34538%2F&rft.title=LAPORAN+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)%0D%0ASMA+NEGERI+2+WATES&rft.creator=M.+Farid+Febrika+Ulfan%2C+M.+Farid+Febrika+Ulfan&rft.subject=LPPMP&rft.description=Pada+dasarnya+dari+pada+Program+Pengenalan+Lapangan+adalah%0D%0Aterbentuknya+pribadi+calon+guru+yang+nantinya+memiliki+segudang+pengetahuan%0D%0Ayang+diperlukan+bagi+profesinya+serta+cakap+dan+dapat+digunakan+dalam%0D%0Apenyelengaraan+pendidikan.+Karena+melalui+Program+Pengenalan+Lapangan%0D%0A(PPL)+semua+teori-teori+yang+telah+diperoleh+dari+perguruan+tinggi+dapat%0D%0Adiaplikasikan+dan+diterapkan+secara+terpadu+dan+terintegrasi+sesuai+dengan%0D%0Akaidah-kaidah+dalam+lembaga+pendidikan+tenaga+pendidikan+sehinga+terbentuk%0D%0Apribadi+guru+yang+memiliki+profesionalitas+dan+kemampuan+untuk%0D%0Amengembangkan+dunia+pendidikan.%0D%0APraktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+dilaksanakan+di+SMA+Negeri+2%0D%0AWates+mulai+tanggal+10+Agustus+s%2Fd+12+September+2015.+PPL+ini+bertujuan%0D%0Auntuk+melatih+mahasiswa+agar+memperoleh+pengalaman+faktual+tentang+proses%0D%0Apembelajaran+dan+berinteraksi+langsung+dengan+dunia+pendidikan.+Pengalaman%0D%0Atersebut+dapat+digunakan+sebagai+bekal+pengembangan+diri+sebagai+tenaga%0D%0Apembimbing+dan+pendidik+yang+profesional.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+persepsi+Guru+Pamong+terhadap%0D%0Aperencanaan+pembelajaran+yang+dibuat+oleh+mahasiswa+Jurusan+Sejarah+cukup%0D%0Abaik.+komponen+dalam+perencanaan+pembelajaran+sudah+dicantumkan+semua.%0D%0ASubstansi+yang+tercantum+dalam+perencanaan+pembelajaran+harus+lebih%0D%0Adipahami+mahasiswa+PPL+Jurusan+Sejarah+untuk+dapat+menghasilkan%0D%0Aperencanaan+pembelajaran+yang+baik.+Persepsi+Guru+Pamong+terhadap+proses%0D%0Apembelajaran+yang+sudah+dilakukan+oleh+mahasiswa+PPL+Jurusan+Sejarah%0D%0Akurang+baik%2C+terlihat+beberapa+mahasiswa+kurang+percaya+diri+dalam+menghadapi%0D%0Asiswa.+Pengelolaan+dan+penguasaan+kelas+ang+dilakukan+mahasiswa+PPL+Jurusan%0D%0ASejarah+masih+kurang+maksimal.+Media+dan+metode+pembelajaran+yang%0D%0Adigunakan+mahasiswa+PPL+Jurusan+Sejarah+kurang+maksimal+dan+kurang%0D%0Avariatif.+Selain+itu%2C+penguasaan+materi+mahasiswa+PPL+masih+kurang+baik.%0D%0APersepsi+Guru+Pamong+terhadap+evaluasi+pembelajaran+yang+sudah+dibuat+oleh%0D%0Amahasiswa+PPL+Jurusan+Sejarah+cukup+baik%2C+sudah+terlihat+kesesuaian+antara%0D%0Aevaluasi+dengan+perencanaan+dan+proses+pembelajaran+yang+sudah+dilaksanakan%0D%0Asebelumnya.+Implikasi+dari+tujuan+pembelajaran+yang+tercantum+pada%0D%0Aperencanaan+pembelajaran+belum+sepenuhnya+terlihat+pada+evaluasi%0D%0Apembelajaran+yang+dibuat+oleh+mahasiswa+PPL+Jurusan+Sejarah.+Evaluasi%0D%0Apembelajaran+memang+merupakan+kesulitan+bagi+guru+atau+calon+guru%2C+sehingga%0D%0Adibutuhkan+lebih+banyak+latihan+dan+pengalaman+untuk+dapat+membuat+evaluasi%0D%0Apembelajaran+yang+baik.%0D%0ADalam+melaksanakan+kegiatan+PPL%2C+baik+kelompok+maupun+individu%0D%0Apenyusun+berusaha+sebaik+mungkin+dalam+menjalankan+tugas+dan+berusaha%0D%0Amenjalin+kerjasama+dengan+semua+pihak+yang+terkait+demi+kelancaran+proses%0D%0APPL+tersebut.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2015&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F34538%2F1%2Fbender.pdf&rft.identifier=++M.+Farid+Febrika+Ulfan%2C+M.+Farid+Febrika+Ulfan++(2015)+LAPORAN+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)+SMA+NEGERI+2+WATES.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++