<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN ORIENTASI DAN MOBILITAS ANAK\r\nTUNANETRA KELAS V DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\nMELALUI KEGIATAN PRAMUKA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan orientasi dan\r\nmobilitas siswa tunanetra kelas V di SLB A Yaketunis Yogyakarta.\r\nPenilitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yaitu\r\ndua siswa tunanetra kelas V di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Penelitian\r\ndilakukan dalam dua siklus. Tindakan pengumpulan data dilakukan dengan\r\npendekatan observasi, tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan yakni\r\nkuantitatif dengan persentase.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pramuka dapat\r\nmeningkatkan kemampuan orientasi dan mobilitas siswa tunanetra kelas V di SLB\r\nA Yaketunis Yogyakarta. Peningkatan pada siklus I, subyek 1 sebesar 36,67%\r\nkemampuan awal 40% menjadi 76,67%, subyek 2 sebesar 20%, kemampuan awal\r\n30% menjadi 50%. Peningkatan pada siklus II yaitu subyek 1 sebesar 50%,\r\nkemampuan awal sebesar 40% menjadi 90%, subyek 2 sebesar 40%, kemampuan\r\nawal 30% menjadi 70%. Siklus I, data peresentase tersebut diperoleh dengan\r\nmengamati kemampuan orientasi dan mobilitas siswa proeses kegiatan pramuka,\r\npemahaman teknik tongkat panjang yang menerapkan teknik orientasi dan\r\nmobilitas subyek pada teknik penggunaan tongkat panjang. Materi pokok pada\r\nsiklus I adalah siswa tunanetra menyebutkan alat yang digunakan sebagai\r\npenunjuk arah pada saat berjalan, pegangan tongkat yang baik digunakan pada\r\ntongkat terbuat dari bahan karet, teknik indoor menyilang tubuh dengan\r\nmenggunakan tongkat yang baik dan benar pada saat melewati jalan sempit dan\r\njalan berlubang pada saat kegiatan pramuka. Aspek penilaian dengan memahami\r\nteknik yang terdapat pada penggunaan tongkat pada kegiatan menyusuri jalan di\r\nsekitar kegiatan pramuka, penggunaan tongkat panjang menghindari jalan\r\nberlubang jalan yang sempit dan teknik naik turun tangga pada kegiatan wide\r\ngame saat pramuka. Materi pokok pada siklus II mengulangi materi pada proses\r\nsiklus I namun terdapat perbedaan pada jalur wide game, dan pendapingan lebih\r\nterfokus pada subyek II. Materi alat yang digunakan sebagai penunjuk arah pada\r\nsaat perjalanan, pegangan tongkat yang baik digunakan pada tongkat terbuat dari\r\nkaret, teknik indoor menyilang tubuh dengan menggunakan tongkat yang baik dan\r\nbenar."^^ . "2015-12-25" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "Cahya Padholi"^^ . "Deni"^^ . "Cahya Padholi Deni"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN ORIENTASI DAN MOBILITAS ANAK\r\nTUNANETRA KELAS V DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\nMELALUI KEGIATAN PRAMUKA (Text)"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN ORIENTASI DAN MOBILITAS ANAK\r\nTUNANETRA KELAS V DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\nMELALUI KEGIATAN PRAMUKA (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN ORIENTASI DAN MOBILITAS ANAK\r\nTUNANETRA KELAS V DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\nMELALUI KEGIATAN PRAMUKA (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN ORIENTASI DAN MOBILITAS ANAK\r\nTUNANETRA KELAS V DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\nMELALUI KEGIATAN PRAMUKA (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN ORIENTASI DAN MOBILITAS ANAK\r\nTUNANETRA KELAS V DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\nMELALUI KEGIATAN PRAMUKA (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN ORIENTASI DAN MOBILITAS ANAK\r\nTUNANETRA KELAS V DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\nMELALUI KEGIATAN PRAMUKA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #34508 \n\nPENINGKATAN KEMAMPUAN ORIENTASI DAN MOBILITAS ANAK \nTUNANETRA KELAS V DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA \nMELALUI KEGIATAN PRAMUKA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Luar Biasa" . .