TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/34476/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita menggunakan media boneka tangan siswa kelas III SD Negeri Kasongan Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Kasongan tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 33 siswa. Model penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes unjuk kerja berupa tes bercerita. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi dan pedoman penilaian tes keterampilan bercerita siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan bercerita siswa kelas III SD Negeri Kasongan tahun ajaran 2015/2016 mengalami peningkatan melalui penggunaan media boneka tangan. Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya keterampilan bercerita dalam aspek lafal, intonasi, pilihan kata, keruntutan, keberanian, kelancaran, sikap dan penguasaan tema. Pada prasiklus nilai rata-rata keterampilan bercerita 69,28 meningkat menjadi 74.25 pada siklus I dan 79,32 pada siklus II. Persentase siswa yang sudah mencapai KKM keterampilan bercerita juga mengalami peningkatan dari 36% pada prasiklus meningkat menjadi 42,4% pada siklus I dan 84,85% pada siklus II. Kata kunci: keterampilan bercerita, media boneka tangan M1 - skripsi A1 - Anggraini, Nur Farida TI - PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI KASONGAN BANTUL PB - PGSD AV - restricted Y1 - 2016/06/14/ ID - UNY34476 ER -