%0 Thesis %9 S2 %A Yuniarti, Fitria %B Program Pascasarjana %D 2016 %F UNY:34451 %I UNY %K multimedia, akuntansi pajak, quantum learning %T Pengembangan Multimedia Pembelajaran Akuntansi Pajak dengan Pendekatan Quantum Learning untuk Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Depok, Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/34451/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran akuntansi pajak dengan pendekatan quantum learning, (2) mengungkapkan kualitas kelayakan multimedia pembelajaran akuntansi pajak, (3) mengungkapkan keefektivan multimedia pembelajaran akuntansi pajak di Kelas XI SMK Negeri 1 Depok Yogyakarta. Studi ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan pendekatan quantum learning yang dikembangkan menggunakan software Adobe Flash CS6 serta software pendukung lainnya dalam pembuatan karakter, video, penggabungan musik dan narasi sehingga menjadi satu kesatuan multimedia. Multimedia pembelajaran ini dikembangkan dengan menerapkan lima aspek quantum learning. Prosedur pengembangan multimedia pembelajaran akuntansi pajak dikembangkan melalui tiga tahapan yang mengadopsi model pengembangan media dari Alessi dan Trollip, yaitu perencanaan, desain, dan pengembangan. Validasi produk dilakukan pada tahap uji alpha yang melibatkan dua ahli media dan dua ahli materi. Sementara uji beta melibatkan tiga orang siswa. Penelitian ini melibatkan 30 orang siswa kelas XI SMK Negeri 1 Depok, Yogyakarta. Pengumpulan data melalui angket dari para ahli dan tanggapan siswa terhadap multimedia pembelajaran. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) multimedia pembelajaran akuntansi pajak merupakan multimedia yang menerapkan aspek-aspek quantum learning, yaitu: penjelasan manfaat nyata mempelajari materi PPh Pasal 23, dilengkapi fitur musik dan tampilan yang berwarna-warni, tes gaya belajar (visual, audio, atau kinestetik), penyampaian materi menggunakan konsep mind mapping dan teknik asosiasi (singkatan yang mudah diingat) dan feedback hasil akhir nilai siswa; (2) produk yang dikembangkan telah layak digunakan dengan perolehan skor hasil validasi ahli media 4,1 dengan kategori baik, validasi ahli materi 4,0 dengan kategori baik, dan penilaian siswa pada uji beta 4,5 dengan kategori sangat baik; (3) multimedia pembelajaran akuntansi pajak dinilai efektif karena dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pretest 59,8, dan nilai rata-rata posttest 85,6. Terjadi peningkatan pencapaian sebesar 25,8% dari 30 orang siswa hanya satu orang siswa yang tidak tuntas dalam proses pembelajaran