TY - THES AV - public A1 - Ingwarni, Sulistiya TI - Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Sosiokultural Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD Jejeran Bantul PB - UNY ID - UNY34427 KW - modul KW - tematik integratif KW - pembelajaran berbasis sosiokultural KW - motivasi belajar KW - berpikir kritis Y1 - 2016/05/31/ UR - http://eprints.uny.ac.id/34427/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan modul pembelajaran tematik integratif berbasis sosiokultural yang layak untuk meningkatkan motivasi belajar dan berpikir kritis siswa, dan (2) mengetahui keefektifan modul pembelajaran tematik integratif berbasis sosiokultural untuk meningkatkan motivasi belajar dan berpikir kritis siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengadaptasi prosedur pengembangan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall dengan langkah-langkah yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) desain produk, (3) uji coba lapangan awal, (5) revisi hasil uji coba lapangan awal, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi hasil uji coba lapangan utama, (8) uji coba lapangan operasional, (9) penyempurnaan produk akhir. Subyek uji coba adalah siswa kelas IV SD Jejeran, Bantul. Subyek uji coba lapangan awal terdiri atas 3 siswa. Subyek uji coba lapangan utama terdiri atas 9 siswa yang belum terlibat dalam uji coba lapangan awal, dan subyek uji lapangan operasional terdiri atas 60 siswa yang terbagi dalam kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi, skala penilaian produk modul pembelajaran, skala respon guru, skala respon siswa, skala motivasi belajar, dan tes berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini berupa modul pembelajaran tematik integratif berbasis sosiokultural. (1) Hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa modul pembelajaran tematik integratif berbasis sosiokultural tersebut layak menurut ahli media dan ahli materi dengan kategori penilaian ?sangat baik?. Respon guru dan respon siswa terhadap penggunaan modul pembelajaran berkategori ?sangat baik?. (2) Hasil penelitian menunjukan bahwa modul pembelajaran tematik integratif berbasis sosiokultural ini efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan berpikir kritis siswa. Hal ini berdasarkan hasil uji coba lapangan operasional didapat p<0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar dan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan modul pembelajaran dan yang tidak menggunakan modul pembelajaran hasil pengembangan M1 - tesis ER -