@phdthesis{UNY34407, school = {UNY}, author = {Syaiful Anam}, month = {June}, year = {2016}, title = {Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Nilai Islami materi virus untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Curiosity Siswa}, url = {http://eprints.uny.ac.id/34407/}, keywords = {modul pembelajaran Biologi, kemandirian belajar, curiosity}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan modul Biologi berbasis nilai Islami materi virus, (2) mengetahui keterlaksanaan modul biologi berbasis nilai islami materi virus, (3) mengetahui bahwa modul biologi berbasis nilai Islami materi virus dapat meningkatkan kemandirian belajar, dan (4) mengetahui bahwa modul biologi berbasis niai Islami materi virus dapat meningkatkan curiosity siswa. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model Borg \& Gall (1983). Prosedur meliputi sepuluh langkah yaitu (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) validasi produk awal, (5) ujicoba terbatas, (6) revisi, (7) ujicoba lapangan, (8) revisi, (9) produk utama, dan (10) diseminasi terbatas. Penelitian bertempat di MA Ibnul Qayyim Putri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi modul pembelajaran, angket, lembar observasi kemandirian belajar, penilaian diri kemandirian belajar, dan penilaian diri curiosity (pre-test dan post-test). Teknik analisis yang digunakan adalah menghitung skor rata-rata yang dikategorisasi dan uji T dengan program SPSS versi 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul pembelajaran biologi berbasis nilai Islami layak digunakan berdasarkan validasi ahli modul, guru Biologi, dan teman sejawat; (2) terlaksananya pembelajaran dengan modul berbasis nilai islami sebagaimana yang direncanakan; (3) terdapat perbedaan yang signifikan dalam aspek kemandirian belajar antara siswa yang menggunakan modul pembelajaran Biologi berbasis nilai Islam dan siswa yang tanpa modul; (4) terdapat perbedaan yang signifikan dalam aspek curiosity antara siswa yang menggunakan modul pembelajaran Biologi berbasis nilai Islam dan siswa yang tanpa modul} }