<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE-AUDIENCE-\r\nFORMAT-TOPIC (RAFT) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BERITA \r\n PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PAJANGAN BANTUL"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji perbedaan keterampilan menulis \r\nberita yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan \r\nstrategi RAFT dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa strategi RAFT; (2) \r\nmenguji keefektifan strategi RAFT dalam pembelajaran menulis berita. \r\nPenelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian \r\neksperimen. Desain penelitian ini menggunakan rancangan pre-test post-test control \r\ngroup design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa \r\nstrategi pembelajaran RAFT dan variabel terikat berupa keterampilan menulis berita. \r\nPopulasi penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pajangan. Sampel \r\ndiambil dengan teknik cluster random sampling, ditetapkan Kelas VIII B sebagai \r\nkelompok eksperimen dan Kelas VIII C sebagai kelompok kontrol. Teknik \r\npengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, yaitu berupa tes menulis berita. \r\nValiditas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan dikonsultasikan \r\nkepada ahlinya (expert judgement). Analisis data dengan menggunakan teknik \r\nstatistik uji-t dengan taraf signifinkasi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih \r\ndahulu dilakukan uji prasyarat data yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas. \r\nKesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan keterampilan \r\nmenulis berita yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran \r\nmenggunakan strategi RAFT dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa \r\nmenggunakan strategi RAFT; (2) strategi pembelajaran RAFT efektif digunakan \r\ndalam pembelajaran menulis berita. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perbandingan \r\nuji-t sampel berhubungan dan gain score kelompok eksperimen. Hasil penghitungan \r\nuji-t data prates dan pascates kelompok eksperimen diperoleh nilai t hitung sebesar -\r\n5.287 dengan df 29 dan nilai p sebesar 0.000 (p < 0.05). Nilai rata-rata kelompok \r\neksperimen mengalami peningkatan sebesar 6.03, sedangkan nilai rata-rata kelompok \r\nkontrol hanya mengalami kenaikan sebesar 2.60."^^ . "2016-06-08" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . "Septi"^^ . "Wuryani"^^ . "Septi Wuryani"^^ . . "Dr. Suroso"^^ . . . "Ary Kristiyani, M.Hum"^^ . . . . . . . "KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE-AUDIENCE-\r\nFORMAT-TOPIC (RAFT) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BERITA \r\n PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PAJANGAN BANTUL (Text)"^^ . . . "SKRIPSI .pdf"^^ . . . "KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE-AUDIENCE-\r\nFORMAT-TOPIC (RAFT) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BERITA \r\n PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PAJANGAN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE-AUDIENCE-\r\nFORMAT-TOPIC (RAFT) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BERITA \r\n PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PAJANGAN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE-AUDIENCE-\r\nFORMAT-TOPIC (RAFT) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BERITA \r\n PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PAJANGAN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE-AUDIENCE-\r\nFORMAT-TOPIC (RAFT) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BERITA \r\n PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PAJANGAN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE-AUDIENCE-\r\nFORMAT-TOPIC (RAFT) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BERITA \r\n PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PAJANGAN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #34397 \n\nKEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE-AUDIENCE- \nFORMAT-TOPIC (RAFT) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BERITA \n PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PAJANGAN BANTUL\n\n" . "text/html" . . . "Bahasa dan Sastra Indonesia"@en . .