eprintid: 34366 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1278 dir: disk0/00/03/43/66 datestamp: 2016-06-13 03:10:12 lastmod: 2019-01-30 09:32:49 status_changed: 2016-06-13 03:10:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rizki, Wikandari title: STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR TIK MENGGUNAKAN PEMEBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER INTERAKTIF DENGAN BUKU AJAR BAGI SISWA KELAS VII DI SMP N 4 WATES ispublished: pub subjects: G5 divisions: ft_jurdik_elka_pend_informatika full_text_status: public abstract: STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR TIK MENGGUNAKAN PEMEBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER INTERAKTIF DENGAN BUKU AJAR BAGI SISWA KELAS VII DI SMP N 4 WATES Rizki Wikandari 08520244007 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pembelajaran berbantuan komputer interaktif dan buku ajar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran TIK “Perangkat Lunak Komputer” siswa kelas VII di SMP N 4 Wates Kulon Progo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitaian ini adalah quasi eksperimental. Desain yang dipilih adalah nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII semester 2 di SMP N 4 Wates Kulon Progo, yaitu kelas VIIA (dengan pembelajaran berbantuan komputer interaktif) sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB (dengan pembelajaran buku ajar) sebagai kelas kontrol dengan masing-masing 32 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi yang berupa silabus mata pelajaran TIK dan hasil kondisi awal dengan pretest dan kondisi akhir dengan posttest. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas butir soal berdasarkan penilaian para ahli (judgement expert) dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach's Alpha. Teknik analisis data untuk pengujian hasil penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji T dengan olah data menggunakan program SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbantuan komputer interaktif lebih baik sebagai media dalam menyampaikan materi pembelajaran pada mata pelajaran TIK untuk hasil belajar siswa daripada dengan pembelajaran buku ajar. Hal ini ditunjukkan oleh uji hipotesis posttest. Hasil uji hipotesis posttest dengan Uji T, nilai signifikansi lebih kecil dari nilai α = 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya pembelajaran buku ajar berbeda dengan pembelajaran berbantuan komputer interaktif sebagai media dalam menyampaikan materi pembelajaran pada mata pelajaran TIK untuk hasil belajar siswa. Pada analisis diskriptif data posttest dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbantuan komputer interaktif lebih baik sebagai media dalam menyampaikan materi pembelajaran pada mata pelajaran TIK untuk hasil belajar siswa dari pada pembelajaran buku ajar pada materi perangkat lunak komputer. Kata Kunci Perbandingan, media pembelajaran, pembelajaran berbantuan komputer interaktif, buku ajar, hasil belajar date: 2016-06-13 date_type: published institution: Fakultas Teknik department: U N Y thesis_type: skripsi citation: Rizki, Wikandari (2016) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR TIK MENGGUNAKAN PEMEBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER INTERAKTIF DENGAN BUKU AJAR BAGI SISWA KELAS VII DI SMP N 4 WATES. S1 thesis, Fakultas Teknik. document_url: http://eprints.uny.ac.id/34366/1/Rizki%20Wikandari%20-%2008520244007.pdf