eprintid: 34319 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/03/43/19 datestamp: 2016-06-13 01:33:30 lastmod: 2019-05-09 07:16:23 status_changed: 2016-06-13 01:33:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Widiyasanti, Margareta title: Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V SD Gugus 02 Kecamatan Srandakan ispublished: pub subjects: D1 divisions: pps_pd full_text_status: public keywords: media video animasi, motivasi belajar, karakter tanggung jawab abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi yang layak dan efektif pada materi pahlawan pergerakan nasional untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter tanggung jawab siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus 02 Kecamatan Srandakan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada 10 langkah Borg& Gall. Subjek pada penelitian ini adalah 27 siswa kelas V SD Proketen sebagai kelas kontrol, 33 siswa SD 1 Godegan sebagai kelas eksperimen dan 15 siswa SD Talkondo sebagai kelas uji coba. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument validasi produk, skala respon guru, skala respon siswa, skala motivasi belajar dan pedoman observasi karakter. Data dari instrument dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis perbedaan melalui uji Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi layak digunakan untuk pembelajaran pada materi pahlawan pergerakan nasional kelas V SD Gugus 02 Kecamatan Srandakan. Kelayakan media video animasi oleh ahli materi mendapat penilaian dengan kategori “Baik”, dan oleh ahli media mendapat penilaian “Sangat Baik”. Hasil uji kelayakan media video animasi oleh guru pada uji coba lapangan operasional pada kategori “Baik”. Hasil uji t pada motivasi belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan nilai t = 2,513 pada taraf signifikansi p = 0,015, (p<0,05) dan karakter tanggung jawab antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan nilai t = 3,810 pada taraf signifikansi p = 0,000 (p<0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan, pembelajaran dengan menggunakan media video animasi yang dikembangkan secara signifikan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter tanggung jawab siswa kelas V SD Gugus 02 Kecamatan Srandakan. date: 2016-05-31 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Widiyasanti, Margareta (2016) Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V SD Gugus 02 Kecamatan Srandakan. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/34319/1/tesis-margareta-widiyasanti-14712259015.swf