relation: http://eprints.uny.ac.id/34311/ title: Peningkatan Keterampilan Guling Depan dan Efikasi diri Siswa Kelas IV SDN Glompong Nglipar Gunungkidul dalam Pembelajaran Senam melalui Video Self Modeling creator: Huda, Ahmad Nur subject: Pendidikan Dasar description: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guling depan dan efikasi diri guling depan siswa kelas IV SDN Glompong Nglipar Gunungkidul dalam pembelajaran senam melalui video self modeling. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Glompong Nglipar Gunungkidul. Subjek penelitian adalah 11 siswa kelas IV. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala efikasi diri guling depan, rubrik unjuk kerja keterampilan guling depan, lembar observasi aktivitas guru dalam pembelajaran senam dan lembar observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran senam. Data skala dan hasil observasi dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Unjuk kerja keterampilan guling depan dianalisis dengan menghitung skor rata-rata hasil unjuk kerja setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan video self modeling dalam pembelajaran senam dapat meningkatkan keterampilan guling depan siswa dengan perolehan skor rata-rata pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 74,54 dan 90,9; (2) penerapan video self modeling dalam pembelajaran senam dapat meningkatkan efikasi diri guling depan siswa ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata pada siklus I dan II berturut-turut adalah 60,81 dan 85. Dengan demikian, penerapan video self modeling dalam pembelajaran senam dapat meningkatkan keterampilan guling depan dan efikasi diri guling depan siswa kelas IV SDN Glompong Nglipar Gunungkidul. date: 2016-05-31 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/34311/1/tesis-ahmad-nur-huda-14712259007.swf identifier: Huda, Ahmad Nur (2016) Peningkatan Keterampilan Guling Depan dan Efikasi diri Siswa Kelas IV SDN Glompong Nglipar Gunungkidul dalam Pembelajaran Senam melalui Video Self Modeling. S2 thesis, UNY.