@techreport{UNY34274, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2015}, type = {Project Report}, title = {LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SD NEGERI 4 WATES}, author = {Amri Amirul Khakim Amri Amirul Khakim}, journal = {LAPORAN PPL}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, keywords = {PPL, program PPL, hasil PPL}, url = {http://eprints.uny.ac.id/34274/}, abstract = {Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan rangkaian program PPL Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan semester khusus tahun 2015. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada praktikkan dalam bidang pembelajaran dana managerial di sekolah dalam rangka membentuk, melatih, dan mengembangkan individu yang berkarakter dan professional di bidangnya. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) kami laksanakan di SD Negeri 4 Wates sebagai salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2015. Kegiatan PPL di SD Negeri 4 Wates dilaksanakan dalam waktu selama 1 bulan mulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Sebelum pelaksanaan PPL, mahasiswa melakukan observasi sekolah untuk mengetahui kondisi baik fisik maupun non fisik sekolah. Sehingga mahasiswa dapat memiliki gambaran awal untuk menyusun strategi atau program PPL yang akan dilaksanakan. Kegiatan PPL tersebut melalui praktik mengajar di kelas bawah dan atas yang terdiri dari PPL terbimbing, PPL mandiri, serta pelaksanaan ujian PPL. Dengan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang berbeda pada setiap kelasnya seusai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dibuat oleh mahasiswa/praktikan sebelum pelaksanaan praktik mengajar. Hasil dari pelaksanaan PPL di SD Negeri 4 Wates terdiri atas PPL terbimbing yang terlaksana sebanyak 6 kali, dan ujian PPL sebanyak satu kali. Dalam pelaksanaan kegiatan PPL yang kami laksanakan pada umumnya berjalan dengan baik, lancar, dan dapat menerapkan semua kompetensi yang dibutuhkan oleh tenaga pendidik khususnya dibidang pendidikan jasmani agar nantinya dapat menjadi pendidik yang professional.} }