eprintid: 34252 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/42/52 datestamp: 2016-06-09 04:02:22 lastmod: 2019-10-01 11:45:56 status_changed: 2016-06-09 04:02:22 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Anik Rahayuningsih, Anik Rahayuningsih title: LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SD NEGERI GADINGAN Durungan, Wates, Wates, Kulon Progo ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL SD Negeri Gadingan, Kegiatan PPL abstract: SD Negeri Gadingan merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2014. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri 6 mahasiswa/i program studi PGSD Penjas dan 15 mahasiswa dari jurusan Pendidikan Luar Biasa. Tujuan dari program PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan keprofesionalan dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Program kegiatan PPL adalah mengajar mata pelajaran dasar selama kurang satu bulan terhitung dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Setiap mahasiswa melakukan praktik mengajar penjaskes sebanyak empat kali pertemuan secara terbimbing oleg guru pamong yang ada di sekolah. Sebelum proses pembelajaran dilaksanakan di lapangan, praktikan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) juga membuat media pembelajaran untuk mempermudah jalannya pembelajaran. Sebelum praktik mengajar, mahasiswa berkonsultasi terlebih dahulu dengan guru pamong, agar mendapat arahan saat mengajar dan menyempurnakan RPP. Dari pelaksanaan kegiatan PPL, dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL, dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait. date: 2015 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Anik Rahayuningsih, Anik Rahayuningsih (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SD NEGERI GADINGAN Durungan, Wates, Wates, Kulon Progo. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/34252/1/1.ANIK%20RAHAYUNINGSIH_PGSD%20PENJAS_12604224019.pdf