eprintid: 34245 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1278 dir: disk0/00/03/42/45 datestamp: 2016-06-09 03:52:34 lastmod: 2019-01-30 09:31:21 status_changed: 2016-06-09 03:52:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rizki, Anisa title: PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TATA HIDANG PROGRAM KEAHLIAN JASA BOGA DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: teknik_boga_busana divisions: ft_jurdik_boga_busana_pend_boga full_text_status: public abstract: PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TATA HIDANG PROGRAM KEAHLIAN JASA BOGA DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA Oleh : Rizki Anisa 09511241035 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui penggunaan internet siswa; (2) Mengetahui penggunaan internet sebagai sumber belajar; (3) Mengetahui penggunaan internet sebagai sumber belajar meliputi penugasan guru, presentasi kelas, praktikum, dan penggunaan fasilitas internet untuk pembelajaran Tata Hidang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 4 Yogyakarta pada Oktober 2013 – September 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian Jasa Boga SMA Negeri 4 Yogyakarta sebanyak 129 siswa, dengan sampel 93 siswa berdasarkan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan pengujian oleh expert judgement dan menggunakan rumus korelasi Product Moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang disajikan dalam kategori berupa persentase. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penggunaan internet siswa pada kategori tinggi sebanyak 1,1% siswa, kategori sedang sebanyak 66,7% siswa, dan kategori rendah sebanyak 32,3% siswa; (2) Penggunaan internet sebagai sumber belajar pada kategori tinggi sebanyak 61,3% siswa, kategori sedang sebanyak 36,6% siswa, dan kategori rendah sebanyak 2,2% siswa; (3) Penggunaan internet sebagai sumber belajar meliputi penugasan guru, presentasi kelas, praktikum, dan penggunaan fasilitas internet untuk pembelajaran Tata Hidang pada kategori tinggi sebanyak 11,6% siswa, kategori sedang sebanyak 61,3% siswa, dan kategori rendah sebanyak 26,9% siswa. Kata Kunci : Penggunaan internet, sumber belajar, Tata Hidang date: 2016-06-09 date_type: published institution: Fakultas Teknik department: U N Y thesis_type: skripsi citation: Rizki, Anisa (2016) PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TATA HIDANG PROGRAM KEAHLIAN JASA BOGA DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik. document_url: http://eprints.uny.ac.id/34245/1/Rizki%20Anisa%2009511241035.pdf