eprintid: 34243 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/42/43 datestamp: 2016-06-09 03:46:23 lastmod: 2019-10-01 11:45:17 status_changed: 2016-06-09 03:46:23 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Agung Riyadi, Agung Riyadi title: LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN (PPL) SEKOLAH DASAR NEGERI 2 WZTES KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL/ Magang III, SD N 2 Wates, UNY abstract: Program Praktik Pengalaman Lapangan/ Magang III merupakan rangkaian mata kuliah wajib untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. PPL/ Magang III ini dilaksanakan PPL dilaksanakan di SD Negeri 2 Wates selama 1 bulan dimulai tanggal 12 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Pelaksanaan PPL dilakukan pada kelas I sampai dengan kelas V dengan jumlah 168 siswa, yang terdiri dari 85 siswa laki-laki dan 83 siswa perempuan. Tujuan dari program PPL/ Magang III ini adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah, atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran; dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL/ Magang III ini adalah kegiatan mengajar dan non mengajar yang dilaksanakan selama 1 bulan, Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan yang dialami oleh mahasiswa. Hambatan tersebut diantaranya kesulitan dalam pengkondisian kelas rendah yang diakibatkan karena kedekatan siswa dan mahasiswa PPL. Setelah itu melakukan evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran. Berdasarkan pelaksanaan PPL di SD Negeri 2 Wates, dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi mengajarnya sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Selain itu, melalui kegiatan PPL dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama perkuliahan ke dalam pembelajaran di sekolah. Mahasiswa juga dapat memahami karakteristik peserta didik, menguasai bidang studi, menguasai metodologi pembelajaran yang mendidik, dan dapat mengembangkan kepribadian sebagai guru sebagaimana yang tercantum dalam undang-undang guru dan dosen. date: 2015 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Agung Riyadi, Agung Riyadi (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN (PPL) SEKOLAH DASAR NEGERI 2 WZTES KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/34243/1/12108244087_AGUNG%20RIYADI.pdf