%0 Thesis %9 S1 %A Hasanah, Nur %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2016 %F UNY:34240 %I PGSD %T UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI METODE TEBAK KATA PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/34240/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui metode tebak kata pada siswa kelas VA di SD Negeri Golo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan di kelas VA SDN Golo Yogyakarta yang beralamat di Jalan Golo, Batikan Baru, Tahunan, Umbulharjo, Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah kelas VA yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tebak kata dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VA SDN Golo Yogyakarta dengan cara waktu pemahaman materi dibatasi; pembagian kelompok sesuai dengan karakteristik siswa; kata-kata dalam kartu pertanyaan dari khusus ke umum; urutan maju tidak ditentukan lebih awal; siswa yang tidak maju diberi kesempatan untuk menebak jawaban setelah waktu yang ditentukan; menggunakan sistem kompetisi. Hal ini dapat ditunjukkan melalui hasil tes di siklus I yaitu 18 siswa yang mendapatkan nilai ≥75 meningkat menjadi 27 atau seluruh siswa mendapatkan nilai ≥75 di siklus II. Ranah afektif dan psikomotorik siswa juga mengalami peningkatan dari “baik” di siklus I menjadi “sangat baik” di siklus II. Kata kunci: hasil belajar, IPS, tebak kata