<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR\r\nPRAKTEK LAS BUSUR LISTRIK\r\nDI SMK N I SEYEGAN"^^ . "PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR\r\nPRAKTEK LAS BUSUR LISTRIK\r\nDI SMK N I SEYEGAN\r\nOleh\r\nRiza Rinjani\r\nNIM. 09503241016\r\nABSTRAK\r\nTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa\r\npada mata pelajaran las busur listrik sebelum pemberian perlakuan, mengetahui\r\nprestasi belajar siswa pada mata pelajaran las busur listrik setelah pemberian\r\nperlakuan, mengetahui ada tidaknya pengaruh metode inquiry terhadap prestasi\r\nbelajar siswa pada mata pelajaran las busur listrik dan mengetahui ada tidaknya\r\nperbedaan prestasi belajar setelah perlakuan pada penggunaan metode inquiry dan\r\nmetode demonstrasi.\r\nJenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Quasi Eksperimen.\r\nDesain penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design.\r\nSubjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TFL (Teknik Fabrikasi Logam) di\r\nSMK N 1 Seyegan tahun pelajaran 2012/2013. Dimana jumlah siswa kelas XI\r\nTFL 1 sebanyak 34 orang dan kelas XI TFL 2 sebanyak 33 orang. Dalam\r\npenelitian ini kelas XI TFL 1 sebagai kelompok kontrol sedangkan kelas XI TFL\r\n2 sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes\r\nobjektif, observasi terhadap proses pengelasan dan penilaian hasil las dengan\r\nunjuk kerja.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar mata pelajaran las\r\nbusur listrik sebelum diberikan perlakuan pada kelompok kontrol dan kelompok\r\neksperimen memiliki kemampuan awal yang setara dan hasil data menunjukkan\r\nmasih banyak siswa yang belum tuntas. Prestasi belajar setelah diberikan\r\nperlakuan mengalami kenaikan baik pada kelompok kontrol maupun kelompok\r\neksperimen. Setelah pembelajaran dengan metode inquiry terdapat pengaruh pada\r\nprestasi belajar yaitu untuk hasil tes sebesar 13,97%, hasil observasi sebesar\r\n10,28%, dan hasil unjuk kerja sebesar 10,6%. Selain pengaruh terdapat juga\r\nperbedaan prestasi belajar setelah diberikan perlakuan yaitu dengan\r\nmembandingkan hasil pretest dan post-test, setelah penerapan metode demonstrasi\r\nhasil tes memiliki persentase perbedaan sebesar 14,26%, pada hasil observasi\r\nmemiliki persentase perbedaan sebesar 15,2% dan pada hasil unjuk kerja memiliki\r\npersentase 11,96%. Sedangkan setelah penerapan metode inquiry, untuk hasil tes\r\nmemiliki perbedaan persentase sebesar 29,9%, pada hasil observasi memiliki\r\npersentase perbedaan sebesar 25,6%, dan pada hasil unjuk kerja memiliki\r\npersentase perbedaan sebesar 24,7%.\r\nKata kunci: Metode Inquiry, Prestasi Belajar, Las Busur Listrik"^^ . "2016-06-09" . . . "Fakultas Teknik"^^ . . . "U N Y, Fakultas Teknik"^^ . . . . . . . . . "Rinjani"^^ . "Riza"^^ . "Rinjani Riza"^^ . . . . . . "PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR\r\nPRAKTEK LAS BUSUR LISTRIK\r\nDI SMK N I SEYEGAN (Text)"^^ . . . "Riza Rinjani 09503241016.pdf"^^ . . . "PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR\r\nPRAKTEK LAS BUSUR LISTRIK\r\nDI SMK N I SEYEGAN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR\r\nPRAKTEK LAS BUSUR LISTRIK\r\nDI SMK N I SEYEGAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR\r\nPRAKTEK LAS BUSUR LISTRIK\r\nDI SMK N I SEYEGAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR\r\nPRAKTEK LAS BUSUR LISTRIK\r\nDI SMK N I SEYEGAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR\r\nPRAKTEK LAS BUSUR LISTRIK\r\nDI SMK N I SEYEGAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #34212 \n\nPENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR \nPRAKTEK LAS BUSUR LISTRIK \nDI SMK N I SEYEGAN\n\n" . "text/html" . . . "Teknik Mesin"@en . .