@phdthesis{UNY34189, title = {HAMBATAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK DASAR PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA}, author = {Honggonegoro Tanu}, year = {2016}, school = {UNY}, url = {http://eprints.uny.ac.id/34189/}, abstract = {Tujuan penelitian ini untuk: (1) identifikasi faktor yang menjadi hambatan belajar internal dan eksternal pada pelajaran Teknologi Mekanik, (2) mengetahui pengaruh faktor yang menjadi hambatan belajar terhadap prestasi belajar pada pelajaran Teknologi Mekanik. Jenis penelitian ini deskriptif, kuantitatif, dan populasi. Data dikumpulkan melalui dokumen dan angket. Pengujian validitas instrumen menggunakan pendapat para ahli. Pengujian reliabilitas instrumen menggunakan teknik Spearman Brown. Terdapat dua langkah analisis data yaitu: (1) menghitung skor hambatan belajar, (2) Analisis Regresi Sederhana. Hasil penelitian ini adalah: (1) Faktor yang menunjukkan adanya hambatan belajar dari segi internal adalah kesiapan, minat, dan waktu belajar dengan persentase skor sebesar 68,1\%, 69,7\%, dan 70,8\% dalam kriteria kurang menghambat, (2) Faktor kesiapan dan minat menunjukkan adanya tingkat hubungan sedang dan rendah terhadap prestasi belajar (r) sebesar 0,452 dan 0,264, kontribusi pengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 20,4\% dan 6,9\%. Persamaan regresi sederhana faktor kesiapan dan minat adalah Y = 68,006 + 0,82X 1 dan Y = 72,870 + 0,341X 2 . Kata kunci: hambatan belajar, Teknologi Mekanik} }