@phdthesis{UNY34126, month = {August}, author = {Dholina Inang Pambudi}, year = {2012}, title = {Pengembangan Cerita Bergambar Mitigasi Bencana Terintegrasi dalam Materi Pembelajaran Geografi untuk SMA}, school = {UNY}, url = {http://eprints.uny.ac.id/34126/}, keywords = {cerita bergambar, mitigasi bencana, media, geografi SMA}, abstract = {Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk: (1) Menghasilkan cerita bergambar mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami yang terintegrasi dalam materi pembelajaran geografi untuk SMA, (2) Mengetahui kelayakan produk cerita bergambar yang dikembangkan ditinjau dari aspek materi dan media, (3) Mengetahui pencapaian kompetensi siswa setelah belajar dengan menggunakan cerita bergambar mitigasi bencana. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan subjek penelitian terdiri atas satu orang ahli materi, satu orang ahli media, tiga orang siswa untuk uji coba satu-satu, 12 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil, 32 orang siswa untuk uji coba lapangan. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi untuk ahli materi dan ahli media, angket untuk siswa, pedoman wawancara untuk melengkapi data dari angket, dan tes untuk mengetahui pencapaian kompetensi siswa. Kelayakan cerita bergambar dari ahli materi dan ahli media dinyatakan dengan angka berskala 1-5, dan hasil uji coba pada siswa dinyatakan dengan angka berskala 1-100. Selanjutnya data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Cerita bergambar mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami yang terintegrasi dalam materi pembelajaran geografi untuk SMA, tahap pengembangannya diadaptasi dari Borg-Galls dan Dick-Carey, meliputi analisis kebutuhan, desain pengembangan, produk awal, evaluasi, produk akhir, (2) Rata-rata skor kelayakan cerita bergambar dari ahli materi sangat baik (4,53), dan dari ahli media masuk kategori baik (4,00). Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa aspek materi dan aspek media masuk dalam kategori baik. Aspek materi dengan rerata 79,29 dan aspek media dengan rerata 66,67. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa aspek materi dan media masuk dalam kategori baik. Aspek materi dengan rerata 79,55 dan aspek media dengan rerata 73,54, (3) Berdasarkan hasil post tes siswa setelah belajar dengan menggunakan cerita bergambar mitigasi bencana, sebanyak 93,75\% siswa tuntas mencapai KKM. Hal ini membuktikan bahwa cerita bergambar yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan dan media pembelajaran yang dapat membantu siswa mencapai kompetensi pembelajaran geografi dan mitigasi bencana secara terpadu.} }