eprintid: 34088 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/40/88 datestamp: 2016-06-08 03:24:10 lastmod: 2019-10-01 11:45:23 status_changed: 2016-06-08 03:24:10 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Ahmad Harisatu Zakaria, Ahmad Harisatu Zakaria title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 SEWON Pulutan, Pendowoharjo, Sewon, Bantul ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, SMK Negeri 1 Sewon abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program S1 kependidikan. Program PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan; member kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran; dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner kedalam pembelajaran di sekolah. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus – 12 September 2015 di SMK Negeri 1 Sewon. Mata Pelajaran yang diampu adalah Pengelolaan Usaha Boga kelas XII. Praktik mengajar dilakukan sebanyak enam kali pertemuan yang terdiri dari tiga kali praktik mengajar terbimbing dan tiga kali praktik mengajar mandiri dengan alokasi waktu tiap pertemuan yaitu 270 menit. Mahasiswa mengampu tiga kelas paralel yaitu XII Jasa Boga 1 yang dijadwalkan hari Sabtu, XII Jasa Boga 2 yang dijadwalkan hari Senin, dan XII Jasa Boga 3 yang dijadwalkan hari Kamis, sehingga total jam mengajar selama satu bulan adalah 27 jam. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain: persiapan sebelum mengajar meliputi penyusunan RPP, penyusunan materi ajar, penyusunan dan pengembangan media pembelajaran, dan pembuatan soal evaluasi. Secara keseluruhan kegiatan PPL terlaksana dengan baik meskipun terdapat hambatan-hambatan selama pelaksanaan kegiatan. Hambatan – hambatan selama pelaksanaan diharapkan dapat menambah pengalaman mahasiswa sehingga mahasiswa dapat meningkatkan kompetensi diri di bidang pendidikan. Selain itu kerjasama yang telah terjalin dengan baik antara pihak sekolah dan pihak universitas diharapkan dapat terjalin lebih erat dan dapat ditingkatkan lagi. date: 2015 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Ahmad Harisatu Zakaria, Ahmad Harisatu Zakaria (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 SEWON Pulutan, Pendowoharjo, Sewon, Bantul. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/34088/1/Ahmad%20Harisatu%20Zakaria_12511241047.pdf