%0 Thesis %9 S1 %A PRATIWI, TIAS RATNA %A Taat Wulandari, %B Pendidikan IPS %D 2016 %F UNY:34047 %I FIS %T INTEGRASI NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/34047/ %X Penelitian dilakukan di SMP N 9 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui integrasi nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran IPS di SMP N 9 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru IPS, kepala sekolah, dan siswa. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dan snowbal sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk memeriksa keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif model interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengintegrasian nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran IPS di SMP N 9 Yogyakarta telah dilakukan oleh para guru IPS. Integrasi nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran IPS di SMP N 9 Yogyakarta dapat ditunjukkan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan yang dilakukan guru adalah dengan menyusun RPP dan mempersiapkan media. Pada pelaksanaannya, cara yang dilakukan guru adalah dengan menyisipkan pesan-pesan, melalui metode pembelajaran, melalu media pembelajaran, dan melalui tindakan. Evaluasi yang dilakukan guru hanya dengan mengamati dan tidak menggunakan instrumen tertentu. Nilai-nilai nasionalisme yang diintegrasikan guru IPS antara lain tanggungjawab, kepedulian, disiplin, toleransi, bangga dan cinta tanah air, kerjasama, adil, persatuan dan kesatuan. Kata kunci: Integrasi, Nilai-nilai nasionalisme, Pembelajaran IPS