relation: http://eprints.uny.ac.id/33962/
title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KOMUNIKATIF  DAN INOVATIF UNTUK PEMBELAJARAN GERBANG DASAR DIGITAL  KELAS X SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN
creator: Cahyo, Danang Nur
subject: Teknik Elektro
description: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KOMUNIKATIF  DAN INOVATIF UNTUK PEMBELAJARAN GERBANG DASAR DIGITAL  KELAS X SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN  Oleh:  Danang Nur Cahyo  NIM. 11501241017  ABSTRAK  Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan model media  pembelajaran interaktif gerbang dasar digital yang tepat untuk mata pelajaran  teknik elektronika dasar, (2) mengetahui fungsionalitas media pembelajaran  interaktif gerbang dasar digital, (3) mengetahui tingkat kelayakan produk media  pembelajaran interaktif gerbang dasar digital.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and  Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (analysis,  design, development & implementation, and evaluation). Teknik pengumpulan  data dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket. Tahap pengujian  kelayakan produk dilakukan penilaian oleh ahli media dan ahli materi. Pada tahap  evaluasi produk dilakukan penilaian oleh siswa sebagai pengguna. Penelitian ini  dilakukan di SMK Muhammadiyah Prambanan dengan subyek penelitian yang  melibatkan 15 siswa dari program keahlian Teknik Elektronika Industri. Teknik  analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.  Hasil penelitian ini adalah: (1) model media pembelajaran interaktif gerbang  dasar digital yang tepat untuk mata pelajaran teknik elektronika dasar meliputi  unsur materi pokok bahasan gerbang dasar digital, latihan soal evaluasi, objek  multimedia yang mendukung penyajian materi, penyajian simulasi drag and drop,  tata letak (layout) yang konsisten, tampilan visual yang menarik, komposisi warna  yang serasi, dan kemudahan pengoperasian program, (2) uji fungsionalitas media  pembelajaran interaktif gerbang dasar digital meliputi penyajian materi,  kemudahan navigasi, link, dan animasi, (3) penilaian kelayakan oleh ahli materi  memperoleh prosentase sebesar 82,81% termasuk dalam kategori sangat layak,  penilaian kelayakan oleh ahli media memperoleh prosentase sebesar 76,31%  termasuk dalam kategori layak, penilaian terhadap pengguna guru memperoleh  prosentase sebesar 82,89% termasuk dalam kategori sangat layak, sedangkan  penilaian terhadap siswa memperoleh prosentase sebesar 89,27% termasuk dalam  kategori sangat baik.  Kata kunci: gerbang dasar digital, media pembelajaran interaktif komunikatif dan  inovatif
date: 2016-06-07
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/33962/1/Danang%20Nur%20Cahyo%20-%2011501241017.pdf
identifier:   Cahyo, Danang Nur  (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KOMUNIKATIF DAN INOVATIF UNTUK PEMBELAJARAN GERBANG DASAR DIGITAL KELAS X SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN.  S1 thesis, UNY.