@unpublished{UNY3393, author = {Rahayuningsih Eko Marwati , }, title = {PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM IPA KIMIA UNTUK SMP/MTs KELAS VII}, month = {September}, year = {2010}, school = {UNY}, url = {http://eprints.uny.ac.id/3393/}, abstract = {Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan sumber belajar di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian pengembangan inI adalah mengembangkan buku petunjuk praktikwn IPA kimia SMP/MTs kelas VII yang dapat dipakai sebagai acuan guru dalam pembelajaran praktikum di Iaboratoriurn sekaligus dapat dipakai siswa sebagai tambahan sucnber belajar serta untuk rnengetahui kualitas buku petunjuk praktikum IPA kimia menurut penilaian guru IPA SMP/M'I's. Pengembamgan buku petunjuk prak-tikum IPA kimia ini dibimbing oleh dosen pembirnbing serta mendapat masukan dari ahli mcdia dan peer reviewer. Instrumen penilaian buku petunjuk praktikum IPA kimia berupa angket yang, berisi aspek dan kritcria tcrtcntu. Pcnilaian dilakukan oleh guru IPA SMP/MTs baik negeri rnaupun swasta di Magelang. Penilaian yang dilakukan meliputi 0 aspek dengan 29 indikator penilaian hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria katetrori penulaiana deal untuk menentukan kualitas buku petunjuk paktikum IPA kimia. Produk penelitian ini berupa buku petunjuk praktikum IPA kimia untuk siswa SMP/MTs kelas VII. Buku petunjuk praktikum IPA kimia tersebut terdiri dari 4 bab, yaitu Bahan Kimia di Rumah. Wujud Zat, Bahan Kimia I)alam Makanan; dan Zat Adiktif dan Psikotropika. Komponen buku petunjuk praktikum IPA kimia yang dikembangkan terdiri dari judul, kompetensi, tata tertib laboratorium, gambar/label simbol bahaya, gambar macam-maca, alat laboratorium, serta mata praktikum yang terdiri atas judul mata praktikum, dasar teori, alar dan bahan prosedur kerja, tabel pengamatan, dan pertanyaan. Buku petunjuk praktikum yang telah dikembangkan mempunyai kualitas sangat baik (SB) menurut penilaian guru IPA Kimia SMP/MTs dengan skor 120,7 dan persen keidealan sebesar 83,24\%, sehingga layak digunakan sebagai acuan dalam berpraktikum dan sebagai sumber belajar penunjang. } }