TY - THES Y1 - 2015/// ID - UNY33877 UR - http://eprints.uny.ac.id/33877/ PB - UNY KW - Pelajaran Teknologi Mekanik KW - pembelajaran menggunakan model Quantum Teaching. TI - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK SISWA KELAS X TP SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Meningkatkan keaktifan siswa pada pelajaran teknologi mekanik siswa kelas X TP SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching, (2) Meningkatkan prestasi hasil belajar siswa pada pelajaran teknologi mekanik siswa kelas X TP SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dengan data berupa data kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TP 2 dengan jumlah siswa 27. Data keaktifan siswa dikumpulkan dengan observasi dan data prestasi hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan hasil ulangan harian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Adanya peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pada siklus I persentase Keaktifan dalam proses pembelajaran 75%, termasuk dalam kategori baik, pada siklus II diperoleh persentase keaktifan rata-rata 86%. (2) Adanya peningkatan prestasi hasil belajar siswa yaitu pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 63% dan pada siklus II sebesar 82%. A1 - Hakim, Ahmad Lutfie AV - public M1 - skripsi ER -