%0 Thesis %9 S2 %A Nurdin, Nurdin %B Program Pascasarjana %D 2012 %F UNY:33844 %I UNY %K multimedia pembelajaran, kemampuan awal, hasil belajar mesin bubut CNC %T Efektivitas Pembelajaran Mesin Bubut CNC Berbasis Multimedia di SMKN 1 Daha Selatan %U http://eprints.uny.ac.id/33844/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi efektivitas pembelajaran mesin bubut CNC berbasis multimedia; (2) mengidentifikasi peningkatan hasil belajar siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi yang diajar dengan pembelajaran berbasis multimedia dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional; (3) mengidentifikasi peningkatan hasil belajar siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah yang diajar dengan pembelajaran berbasis multimedia dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional; dan (4) mengidentifikasi ada tidaknya interaksi pengaruh antara pembelajaran mesin bubut CNC berbasis multimedia dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMKN 1 Daha Selatan. Desain penelitian yang digunakan adalah factorial design 2 x 2. Sebagai variabel terikat adalah hasil belajar mesin bubut CNC, variabel bebas adalah pembelajaran berbasis multimedia, dan variabel atributnya adalah kemampuan awal siswa. Subjek penelitian adalah kelas XI Teknik Pemesinan dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih secara random. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas tes untuk mengukur kemampuan awal siswa dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan secara statistik inferensial dengan menggunakan Independent Samples T Test dan analisis variansi dua jalur untuk menguji hipotesis penelitian dengan taraf siginifikansi 5 % (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran mesin bubut CNC berbasis multimedia lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar mesin bubut CNC dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (nilai sig. 0,017); (2) hasil belajar siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi yang diajar dengan pembelajaran berbasis multimedia lebih tinggi dibandingkan siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi yang diajar dengan pembelajaran konvensional (nilai sig. 0,044); (3) hasil belajar siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah yang diajar dengan pembelajaran berbasis multimedia lebih tinggi dibandingkan siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah yang diajar dengan pembelajaran konvensional (nilai sig. 0,012); (4) tidak terdapat interaksi pengaruh antara pembelajaran mesin bubut CNC berbasis multimedia dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar siswa (nilai sig. 0,888).