eprintid: 33779 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/37/79 datestamp: 2016-06-03 03:45:56 lastmod: 2019-10-01 11:53:08 status_changed: 2016-06-03 03:45:56 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Tri Hartanto, Tri Hartanto title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016 Di SMA Negeri 2 Wonosari ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, SMA Negeri 2 Wonosari, Pengajaran abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. PPL ini memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang profesional, maka pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki kehidupan dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PPL UNY 2015 adalah SMA NEGERI WONOSARI. Pelaksanaan PPL dilaksanakan mulai 10 Agustus sampai 12 September 2015. Mahasiswa di dalam pelaksanaan PPL memperoleh praktik mengajar mata pelajaran Geografi di kelas XI IPS semester gasal dengan media pembelajaran menggunakan LCD untuk menampilkan beberapa tulisan dan gambar serta penggunaan akses internet yang diawasi oleh pengajar. Sebelum memulai untuk melakukan kegiatan mengajar, mahasiswa diharuskan telah mengikuti mata kuliah wajib lulus yaitu pengajaran mikro, dilanjutkan dengan pembekalan PPL dan observasi untuk memperoleh data yang diperlukan untuk menyusun program kerja. Berdasarkan hasil observasi diketahui beberapa permasalahan di sekolah maupun potensi yang dapat dikembangkan tetapi masih perlu upaya pemberdayakan untuk dapat mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan program PPL guna memajukan sekolah. Kegiatan PPL selama satu bulan, memberikan mahasiswa pengalaman yang belum atau tidak diperoleh di bangku perkuliahan, terutama pengalaman dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, tindakan kelas dan pengkondisian kelas, baik saat teori maupun praktik. Pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Namun dengan adanya semangat, motivasi dari guru pembimbing lapangan dan guru-guru lain, dosen pembimbing lapangan, teman-teman satu tim serta kerjasama yang baik dengan berbagai pihak, maka segala hambatan dapat teratasi dengan mudah. date: 2015 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Tri Hartanto, Tri Hartanto (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016 Di SMA Negeri 2 Wonosari. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/33779/1/1.%20Lembar%20pengesahan.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/33779/2/2.%20Abstrak.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/33779/3/3.%20isi%20PPL.pdf