TY - RPRT PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Dita Rofiyani, Dita Rofiyani Y1 - 2015/// N2 - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wahana bagi seorang calon pendidik dan tenaga kependidikan untuk memperoleh pengalaman dan memiliki bekal yang cukup dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.Pendidikan Luar Sekolah (PLS) adalah jurusan yang menghasilkan tenaga akademis yang dituntut mampu mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan masyarakat, mendesain, mengelola, mengembangkan, mengevaluasi serta mengendalikan mutu program. Oleh karena itu, salah satu kegiatan PPL PLS relevan dengan program yang ada di Omah Pasinaon. Berdasarkan kompetensi mahasiswa PLS dan program yang ada di Omah Psinaon, maka mahasiswa melakukan kegiatan kemasyarakatan yang dibagi menjadi program kelompok yang meliputi, Parenting, Pembuatan Profil Lembaga, Lomba Taman Herbal ?Bejo?, Tadarus Keliling (Tarling), Lomba Peringatan HUT RI, Karnaval HUT RI, Bimbingan Belajar, Fresh Sunday For Mom?s, Pelatihan Pengelolaan PLS, Pendampingan Lomba Pemuda Pelopor, Kasinan, Rasulan, Pagelaran Wayang, Pengajian, Pendampingan Outbond, Workshop Kesenian dan Makanan Tradisional, dan Orientasi Jurusan. Sedangkan program individu yaitu, Pelatihan Pembuatan Boneka Jari, Pelatihan Pembuatan Kurikulum, Pelatihan Pembuatan Dompet, dan Pelatihan Pembuatan Pop Up. Dengan demikian, dari kegiatan PPL PLS di Omah Pasinaon, mahasiswa dapat mengetahui lebih dalam dan luas tentang dunia kerja di Pendidikan Luar Sekolah. Sehingga mahasiswa menjadi semakin termotivasi dan yakin akan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi ke-PLS-an yang dimiliki. UR - http://eprints.uny.ac.id/33775/ ID - UNY33775 M1 - project_report KW - PLS KW - kemasyarakatan AV - public TI - LAPORAN AKHIR PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN OMAH PASINAON DESA BEJIHARJO KECAMATAN KARANGMOJO KABUPATEN GUNUNGKIDUL ER -