?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F33733%2F&rft.title=LAPORAN+INDIVIDU%0D%0APRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN%0D%0A(PPL)+UNY+2015%0D%0ALOKASI+SMP+N+1+PRAMBANAN%2C+KLATEN&rft.creator=Dyah+Hanggraheni+P%2C+Dyah+Hanggraheni+P&rft.subject=LPPMP&rft.description=Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+adalah+wujud+implementasi+atau%0D%0Apenerapan+dari+kuliah+teori+yang+dilakukan+didalam+kampus.+Dalam+kuliah+Praktik%0D%0APengalaman+Lapangan+ini+mahasiswa+dapat+mengaplikasikan+semua+teori+yang+telah%0D%0Aditerima+dibangku+kuliah+selama+6+semester.+Praktik+Pengalaman+Lapangan+ini%0D%0Abertujuan+untuk+mendapatkan+pengalaman+tentang+proses+pembelajaran+dan%0D%0Akegiatan+persekolahan+lainnya+yang+digunakan+sebagai+bekal+untuk+menjadi+tenaga%0D%0Apendidik+yang+memiliki+nilai%2C+sikap%2C+pengetahuan%2C+dan+ketrampilan+yang+dibutuhkan.%0D%0APraktik+Pengalaman+Lapangan+dilaksanakan+sesuai+dengan+kompetensi+yang%0D%0Adimiliki+oleh+mahasiswa.+Salah+satunya+adalah+kompetesi+sebagai+pendidik+yang%0D%0Aberkaitan+dengan+bidang+pengajaran+dan+pendidikan+secara+formal.+Praktik%0D%0APengalaman+Lapangan+(PPL)+Universitas+Negeri+Yogyakarta+tahun+2015+yang%0D%0Aberlokasi+di+SMP+N+1+Prambanan+Klaten%2C+mulai+dilaksanakan+pada+tanggal+10%0D%0AAgustus+2015+dan+berakhir+tanggal+11+September+2015.+Mahasiswa+peserta+Praktik%0D%0APengalaman+Lapangan+melakukan+kegiatan+belajar+mengajar+secara+terbimbing+dan%0D%0Amandiri.+Dalam+kegiatan+PPL+ini%2C+Mahasiswa+menjalankan+program+mengajar%0D%0Asecara+tatap+muka+sebanyak+9+kali+pertemuan.+Program+mengajar+menggunakan%0D%0Ametode+Labwork%2C+diskusi+(Cooperative+learning)%2Cdan+demonstrasi.+Untuk+mendukung%0D%0Ametode+yang+digunakan+pada+saat+mengajar+dibutuhkan+media+pendukung+meliputi%0D%0Aalat+praktikum+dan+LKS.+Praktikan+telah+menyeselesaikan+tugas+mengajar+kelas+VII%0D%0AC+dan+VII+F+untuk+mata+pelajaran+Bahasa+Jawa.+Praktikan+telah+dapat+mengajar%0D%0Asebanyak+15+kali+dengan+tambahan+sebagai+guru+pengganti+dan+mengadakan%0D%0Aulangan+harian+sebanyak+satu+kali+untuk+mata+pelajaran+Bahasa+Jawa+pada+masingmasing%0D%0Akelas.+Kegiatan+belajar+yang+dilakukan+adalah+pembelajaran+di+kelas.%0D%0AAdapun+beberapa+hambatan+pada+waktu+mengajar+antara+lain+pengelolaan+kelas%0D%0Akarena+peserta+didik+sulit+dikendalikan.+Namun%2C+semua+itu+merupakan+sebuah+proses%0D%0Amenuju+yang+lebih+baik.%0D%0AKegiatan+PPL+membawa+manfaat+bagi+mahasiswa+sebagai+bekal+pengalaman%0D%0Adan+wujud+gambaran+nyata+kegiatan+belajar+mengajar+secara+formal+dalam+bidang%0D%0Apendidikan+sekolah.+Hasil+dari+Praktik+Pengalaman+Lapangan+adalah+mahasiswa%0D%0Adapat+menjadi+calon+tenaga+pendidik+yang+lebih+berkompeten.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2015&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F33733%2F1%2FLaporan.pdf&rft.identifier=++Dyah+Hanggraheni+P%2C+Dyah+Hanggraheni+P++(2015)+LAPORAN+INDIVIDU+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)+UNY+2015+LOKASI+SMP+N+1+PRAMBANAN%2C+KLATEN.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++