eprintid: 3373 rev_number: 10 eprint_status: archive dir: disk0/00/00/33/73 datestamp: 2012-08-08 03:55:34 lastmod: 2019-10-02 02:05:54 status_changed: 2012-08-08 03:55:34 type: article metadata_visibility: show creators_name: Kun Setyaning, Dr. corp_creators: Astuti,MPd. corp_creators: Hadjar Pamadhi,M.A.(Hons corp_creators: Yuli Sectio Rini,M.Hum corp_creators: AM.Susilo Pradoko.Msi. corp_creators: Jien Tirta Raharja corp_creators: Fajrinaldi Surya corp_creators: Edy Purwanto corp_creators: Budi Sisworo title: PELATIHAN MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public abstract: Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk 1) Memberikan penjelasan kepada guru-guru seni budaya SMA/MA se-Kabupaten Sleman tentang model evaluasi pembelajaran seni budaya dengan target 75% peserta menguasai konsep dasar evaluasi pembelajaran seni budaya dengan predikat memuaskan; 2) Memberikan keterampilan kepada guru-guru seni budaya se-Kabupaten Sleman tentang penerapan model evaluasi pembelajaran dengan target 75% peserta dapat mengimplementasikan model evaluasi pembelajaran seni budaya pada pembelajaran yang dilaksanakan. 3) Para peserta (75%) mampu melakukan refleksi dan mengajukan rekomendasi terhadap pembelajaran seni budaya berdasarkan hasil evaluasi diri dengan menggunakan model evaluasi pembelajaran seni budaya. Metode yang digunakan adalah pelatihan yang terdiri dari kegiatan seminar, pelatihan, dan tutorial. Metode yang digunakan adalahceramah,Demonstrasi, praktik, Tanya jawab, dan simulasi. Adapun langkah-langkah yang ditempuh dalam kegiatan PPM ini antara lain adalah koordinasi dengan mitra; menyusun rancangan pengabdian; Pelatihan model evaluasi pembelajaran seni budaya; dan praktik penggunaan model evaluasi pembelajaran seni budaya. Hasil kegiatan PPM ini adalah 1) Kegiatan pelatihan tentang model evaluasi pembelajaran seni budaya dapat meningkatkan pemahaman para guru tentang evaluasi pembelajaran seni budaya, yang meliputi setting, desain, proses, produk, dan rekomendasi; 2) Kegiatan pelatihan dan tutorial model evalasi pembelajaran seni budaya dapat meningkatkan kemampan guru dalam melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran seni budaya yang telah dilaksanakan; 3) Penggunaan model evaluasi pembelajaran seni budaya dapat memperbaiki proses pembelajaran seni budaya berdasarkan rekomendasi disarankan berdasarkan hasil evaluasi diri. publication: PPM Unggulan refereed: TRUE citation: Kun Setyaning, Dr. PELATIHAN MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. PPM Unggulan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/3373/1/artikel_ppm_model_evaluasi.doc