%D 2016 %I UNY %T Pengembangan Aplikasi Laboratorium Virtual Fisika “ViPhyLab” Berbasis Smartphone Android untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Pemahaman Konsep Dinamika Rotasi Siswa SMA %L UNY33721 %A Fitra Suci Arista %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan aplikasi laboratorium virtual fisika "ViPhyLab" berbasis smartphone Android; (2) menguji tingkat kelayakan dan kualitas aplikasi laboratorium virtual fisika yang dikembangkan; (3) mendeskripsikan peningkatan kemandirian belajar dan pemahaman konsep dinamika rotasi setelah menggunakan aplikasi ViPhyLab. Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi dan mengkolaborasikan model pengembangan Borg & Gall, desain pembelajaran Dick & Carey serta model pengembangan media oleh Lee & Owens. Tahapan dalam penelitian ini adalah analisis kebutuhan, desain dan pengembangan, validasi, dan evaluasi produk. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi fisika, ahli media pembelajaran serta penilaian oleh tiga orang teman sejawat dan tiga orang guru fisika SMA. Uji coba produk dilakukan melalui uji coba satu-satu, terbatas, dan lapangan. Desain uji coba lapangan menggunakan one group pretest-posttest, dengan jumlah subjek uji coba adalah 40 orang siswa. Uji coba dilakukan di SMA Negeri 5 Kota Pekanbaru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi materi dan media, angket penilaian kualitas aplikasi, angket kemandirian belajar dan tes pemahaman konsep siswa pada materi dinamika rotasi. Analisis validitas dan kualitas aplikasi ViPhyLab dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Analisis peningkatan kemandirian belajar dan pemahaman konsep dinamika rotasi siswa setelah menggunakan aplikasi ViPhyLab didapatkan melalui uji t berpasangan pretest-posttest dengan bantuan SPSS pada taraf signifikansi p=0,05. Hasil penelitian yang didapatkan adalah: (1) ViPhyLab adalah aplikasi pembelajaran berbasis mobile yang dapat dioperasikan pada smartphone Android, dapat digunakan untuk pembelajaran baik di dalam atau di luar sekolah, serta menyajikan penjelasan materi, praktikum virtual, soal latihan, dan tampilan media yang interaktif; (2) aplikasi ViPhyLab memliki kategori validitas “sangat layak” sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media; (3) kualitas aplikasi ViPhyLab sebagai media pembelajaran adalah “sangat baik” menurut teman sejawat dan guru fisika; (4) terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa setelah menggunakan aplikasi ViPhyLab dengan nilai phitung < 0,05, nilai phitung = 0,000; (5) terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi dinamika rotasi setelah menggunakan aplikasi ViPhyLab dengan nilai phitung< 0,05, nilai phitung = 0,000. %K Pengembangan, Aplikasi Pembelajaran, Laboratorium Virtual, ViPhyLab, Android, Kemandirian Belajar, Pemahaman Konsep, Dinamika Rotasi