%0 Report %9 Project Report %A Pradipta Ari Permadi, Pradipta Ari Permadi %D 2015 %F UNY:33711 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K PPL, Pendidikan, Pembelajaran, Praktik Mengajar %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) %U http://eprints.uny.ac.id/33711/ %X Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalaha salah satu mata kuliah wajib ditempuh oleh mahasiswa strata 1 kependidikan untuk memperoleh gelar sarjana Pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Program PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia pendidikan secara nyata sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional di bidangnya. Program PPL di SMA Negeri 2 Klaten yang beralamat di Jalan Angsana desa Trunuh, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten, Jawa tengah dimulai pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan tanggal 11 September 2015. Secara garis besar, pelaksanaan program PPL di SMA Negeri 2 Klaten berjalan dengan lancar tanpa menjalani halangan yang cukup berarti. Manfaat yang dapat diambil dari pelaksanaan program PPL ini antara lain mahasiswa mendapatkan pengalaman dan ketrampilan dalam mengajar secara riil di sekolah. Selain itu, mahasiswa juga mengerti cara berpikir dan bekerja secara disiplin baik dalam kegiatan pembelajaran maupun dalam memecahkan permasalahan-permasalahan yang muncul dalam dunia pendidikan. Program Praktik Pengalaman Lapangan telah memberikan pengetahuan, pengalaman, disiplin, dan tanggung jawab sebagai seorang pendidik terhadap pengelolaan proses pendidikan. Program PPL sangat efektif untuk membekali mahasiswa kependidikan untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Secara umum, program- program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Munculnya hambatan selama pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Praktikan berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait.