TY - RPRT N2 - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2015 yang berlokasi di SD Negeri Bangunrejo 2 telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 18 mahasiswa dari jurusan Pendidikan Luar Biasa dan prodi PGSD. Kegiatan PPL bertujuan untuk membantu mempersiapkan calon pendidik yang memiliki beberapa kompetensi untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta merupakan sekolah inklusi yang memiliki siswa berkebutuhan khusus dengan berbagai jenis kekhususan di antaranya adalah siswa dengan berkesulitan belajar. Keberadaan ini menunjuk mahasiswa Pendidikan Luar Biasa kekhususan Anak Berkesulitan Belajar untuk melakukan praktik mengajar di SD N Bangunrejo 2. Kegiatan PPL meliputi kegiatan observasi, re-asesmen, penyusunan perangkat pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, pengajaran individual, pendampingan di kelas, kegiatan evaluasi pembelajaran, bimbingan dengan guru, bimbingan dengan DPL, dan penyusunan laporan akhir. Kegiatan tersebut merupakan agenda sistematis yang berkelanjutan dalam menangani siswa secara khusus. Observasi dilakukan saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Re-asesmen dilaksanakan guna mengetahui kembali tahap kemampuan siswa. Perangkat pembelajaran yang disusun meliputi program pembelajaran individual, rancangan pembelajaran individual. Media pembelajaran berupa table perkalian. Pengajaran dilakukan dalam dua jenis yakni pengajaran individual di kelas dan pendampingan di ruang kelas. Kegiatan evaluasi dilaksanakan pada akhir pelaksanaan program. Selama PPL di SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta berlangsung, kelas yang didampingi adalah kelas V pada umumnya dan siswa Tina pada khususnya dengan fokus mata pelajaran Matematika. Y1 - 2015/// ID - UNY33605 TI - LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II SD NEGERI BANGUNREJO 2 AV - public M1 - project_report UR - http://eprints.uny.ac.id/33605/ A1 - Angginia Danni Ardiani, Angginia Danni Ardiani PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta ER -