eprintid: 33597 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/35/97 datestamp: 2016-06-01 06:08:33 lastmod: 2019-10-01 11:48:47 status_changed: 2016-06-01 06:08:33 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Heru Hermawan, Heru Hermawan title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 10 AGUSTUS s/d 11 SEPTEMBER 2015 DI SMA N 1 KLATEN Jl. Merbabu, No. 13, Klaten, Jawa Tengah ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report abstract: Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) 2015 dilaksanakan di SMA N 1 Klaten, bertujuan untuk memberikan pengalaman dan kesempatan kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dalam rangka melatih dan mengembangkan potensi keguruan atau kependidikan. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan melaksanakan praktik pembelajaran kelas, serta dapat digunakan oleh mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata disekolah. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan berbagai pihak, ditemukan beberapa persoalan atau permasalahan yang ada di SMA N 1 Klaten. Melihat situasi dan kondisi tersebut, maka dibentuk suatu rancangan program kerja PPL sebagai upaya menangani permasalahan yang ada. Program Kerja Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dirancang meliputi: pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), analisis ulangan harian. Secara keseluruhan program kerja PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Hasil dari program kerja meliputi: terbuatnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan analisis ulangan harian. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. date: 2015 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Heru Hermawan, Heru Hermawan (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 10 AGUSTUS s/d 11 SEPTEMBER 2015 DI SMA N 1 KLATEN Jl. Merbabu, No. 13, Klaten, Jawa Tengah. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/33597/1/1.%20Cover%20.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/33597/2/2.%20Lembar%20Pengesahan.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/33597/3/5.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/33597/4/6.%20BAB%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/33597/5/7.%20BAB%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/33597/6/8.%20BAB%20III.pdf