%T PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS 1 KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016 %I PGSD %D 2016 %A Tsalis Khusna Jati %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar IPA; 2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA; dan 3) pengaruh variasi gaya mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA kelas IV SD. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 316 siswa. Sampel penelitian sebanyak 167 siswa diambil dengan tabel Isaac dan Michael dengan mempertimbangkan taraf kesalahan sebanyak 5%. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, skala psikologi dan dokumentasi nilai raport semester ganjil. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi sederhana dan regresi ganda. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa 1) variasi gaya mengajar guru berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar IPA, ditunjukkan oleh R = 0,474 dan p = 0,000 , 2) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPA ditunjukkan oleh R = 0,484 dan p = 0,000, 3) terdapat pengaruh variasi gaya mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IV SD, ditunjukkan R = 0,570 dan p = 0,000 dengan sumbangan efektif variasi gaya mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA sebesar 32,5%, yang berarti masih ada sumbangan efektif sebesar 67,5% berasal dari faktor lain. Kata Kunci: variasi gaya mengajar guru, motivasi belajar, prestasi belajar IPA %L UNY33472