@phdthesis{UNY33467, school = {PGSD}, year = {2016}, month = {May}, author = {Handara Tri Elitasari}, title = {PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SD SE-GUGUS DEWI SARTIKA SALAMAN MAGELANG}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD se-gugus Dewi Sartika Salaman, Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD se-Gugus Dewi Sartika sejumlah 105 siswa dengan sampel sebanyak 78 siswa, diambil dengan teknik sampling proporsional. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel motivasi belajar dan keterampilan menulis karangan narasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi dan tes. Uji validitas yang digunakan adalah uji validitas konstruk, instrumen dikonsultasikan kepada ahli kemudian diuji cobakan kepada responden dan dianalisis menggunakan rumus Product Moment dengan hasil 22 butir soal valid dan 8 butir soal tidak valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha dengan nilai koefisien sebesar 0,819. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi tunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD se-Gugus Dewi Sartika Salaman Magelang. Terbukti dari hasil uji regresi tunggal F hitung = 50,1 {\ensuremath{>}} F tabel = 3,34 dan persamaan regresi Y = 31,409 + 0,651X. Kata Kunci: motivasi belajar, keterampilan menulis karangan narasi, sekolah dasar}, url = {http://eprints.uny.ac.id/33467/} }