TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/33447/ TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER AV - public M1 - skripsi ID - UNY33447 PB - Fakultas Teknik A1 - Rinaldi, Dwi Nugroho Y1 - 2016/05/27/ N2 - ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER Oleh Rinaldi Dwi Nugroho NIM. 07518241007 Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis website pada mata pelajaran programmable logic controller. (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis website pada mata pelajaran programmable logic controller. (3) Mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis website yang dikembangkan untuk pembelajaran programmable logic controller. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan Alessi Trollip. Tahap pengujian yang dilakukan terhadap kelayakan produk sebagai media pembelajaran meliputi uji alpha dan uji beta. Uji coba alpha dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, uji coba beta dilakukan oleh 25 siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam peneltian ini menggunakan wawancara, kuesioner, dan lembar observasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor skala lima (skala likert). Produk akhir dari pengembangan media pembelajaran ini dilanjutkan dengan uji efektifitas produk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimental design yaitu One-Group Pretest ? Posttest Design Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran programmable logic controller ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu tahap perencanaan, desain dan produksi / pengembangan (2) Tingkat validitas media pembelajaran programmable logic controller yang diberikan oleh ahli materi dengan maksimal skor 5 mendapatkan skor rata-rata 4,13 dengan kategori ?baik?, hasil penilaian ahli media dengan skor rata-rata 4,11 dengan kategori ?baik? dan hasil penilaian siswa diperoleh skor rata-rata 4,08 dengan kategori ?baik?. (3) Sedangkan dalam pre-test dan post-test dengan nilai rata-rata pre-test 59,84 dan post-test 73,44.. Hasil uji-t menyatakan nilai thitung > ttabel (8,955 > 2,064) dan signifikansi (0,000 < 0,05), artinya terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata skor nilai prestasi belajar siswa pre-test dengan post-test. Kata Kunci: Pengembangan media, pembelajaran berbasis website, programmable logic controller ER -