TY - THES A1 - Utama, Gangsar Febri PB - PGSD N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru mengelola kelas 4 dan 5 SD Negeri Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta. Meliputi bagaimana menciptakan iklim belajar yang tepat, mengatur ruangan belajar, dan mengelola interaksi kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas 4 dan guru kelas 5. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan pedoman observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melaksanakan pengelolaan kelas guru kelas 4 dan 5 SD Negeri Pandeyan dalam 1) menciptakan iklim belajar yang tepat guru lebih cenderung pada penekanan hal positif. 2) pengaturan ruang belajar guru cenderung hanya merubah format tempat duduk saat ada pembentukan/kerja kelompok saja. 3) mengelola interaksi kegiatan belajar mengajar cenderung terlihat saat guru melakukan kegiatan membuka dan menutup pelajaran. Kata kunci: mengelola kelas, kemampuan guru, iklim belajar Y1 - 2016/05/26/ UR - http://eprints.uny.ac.id/33444/ TI - KEMAMPUAN GURU MENGELOLA KELAS 4 DAN 5 SD NEGERI PANDEYAN, UMBULHARJO, YOGYAKARTA AV - restricted ID - UNY33444 M1 - skripsi ER -