%K kompetensi manajerial, kepala sekolah, sekolah kejuruan %A Yowel Samber %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat keefektifan kompetensi manajerial kepala sekolah di sekolah menengah kejuruan (SMK) negeri di Kota Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah SMK Negeri 2 Yogyakarta, SMK Negeri 3 Yogyakarta, SMK Negeri 5 Yogyakarta, SMK Negeri 6 Yogyakarta, dan SMK Negeri 7 Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah satu kepala sekolah dan lima guru untuk setiap sekolah yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket dan pengamatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah evaluasi model kesenjangan untuk mengukur besarnya tingkat keefektifan manajerial kepala sekolah. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Keefektifan manajerial variabel perencanaan dinilai sangat baik oleh 93,33% responden dan baik oleh 6,67% responden. 2) Keefektifan manajerial variabel komunikasi dinilai sangat baik oleh 33,3% responden, baik oleh 50,0% responden, dan cukup baik oleh 16,7% responden. 3) Keefektifan manajerial variabel motivasi dinilai sangat baik oleh 56,7% responden, baik oleh 33,3% responden, dan cukup baik oleh 10,0% responden. 4) Keefektifan manajerial variabel pengorganisasian dinilai sangat baik oleh 96,7% responden dan baik oleh 3,3% responden. 5) Keefektifan manajerial variabel pengawasan dinilai sangat baik oleh 83,3% responden, baik oleh 10% responden, dan cukup baik oleh 6,7% responden. %L UNY33416 %T Keefektifan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Kota Yogyakarta %I UNY %D 2012